MIN 2 Kota Bengkulu Tumbuhkan Empati Siswa Dengan Zakat Fitrah

MIN 2 Kota Bengkulu Tumbuhkan Empati Siswa Dengan Zakat Fitrah

Kota Bengkulu (Inmas)- Menyambut Idul Fitri 1440 Hijriyah, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2  Kota Bengkulu menghimpun zakat fitrah dari para dewan guru dan siswanya pada bulan Ramadhan 1440 Hijriyah.

    Pengumpulan zakat dilakukan selain sebagai perwujudan menunaikan rukun Islam, tapi juga sebagai pembelajaran Rasa Empati sejak dini. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu minggu, dimulai pada hari Rabu tanggal 22 Mei 2019 hingga Selasa tanggal 28 Mei 2019.

    Selaku Kepala MIN 2 Kota Bengkulu, Zinatul Hayati,S.Ag menjelaskan, para siswa secara sukarela mengumpulkan zakatnya kepada panitia zakat fitrah dimadrasah sebagai pelaksana program. Melalui zakat fitrah, para siswa bisa memetik pelajaran secara langsung akan arti makna kehidupan sosial bermasyarakat atau Madrasah.

    "Sudah menjadi tradisi bagi madrasah kami, setiap tahun menghimpun zakat fitrah dari para siswa, guru dan karyawan," ujar Kepala MIN 2 Kota Bengkulu di sela- sela pengumpulan zakat.

    Panitia  zakat fitrah MIN 2 Kota Bengkulu, Suhada,S.Ag menjelaskan dari pengumpulan zakat fitrah yang digelar Madrasah selama satu minggu terakhir terkumpul uang kurang lebih sebesar ± 5.600.000,-( ± lima juta enam ratus ribu rupiah) dan beras sebanyak ± 110 Kg.

    “Alhamdulillah dalam satu minggu terakhir kita sudah dapat mengumpulkan zakat sebesar lima juta lebih dan beras mencapai seratus kilogram lebih dan sudah kita bagikan kepada 68 anak yang berhak menerimanya,Semoga dengan yang sedikit ini bisa membantu dan bermanfaat bagi anak didik kita”

    Lebih lanjut Suhada mengatakan “ disela-sela pengumpulan zakat fitrah kami panitia dan dewan guru selalu memanfaatkan fasilitas WA apalagi dibulan Ramadhan seperti ini.WA disini bukannya WhatsApp aplikasi sosmed, melainkan dalam artian Wawasan Alqur’an /kajian islam”.Pungkasnya.(Ridwan/Popi)

Bagikan :