Ka. KUA Pondok Kelapa Belajar Mengukur Arah Kiblat dengan Theodolit

Ka. KUA Pondok Kelapa Belajar Mengukur Arah Kiblat dengan Theodolit

Bengkulu (Inmas) - Bertempat di Aula dan halaman Kantor wilayah kementerian agama provinsi Bengkulu Tanggal 25-26 Mei 2019 kepala KUA kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah Mintarno, MHI bersama kasi bimas Islam kemenag Benteng Sumaryatim, SHI. Mengikuti Pembelajaran mengukur arah Kiblat menggunakan Theodolit.

Kegiatan yang berlangsung 2 hari penuh ini dilaksakan oleh bidang Urais dan Binsyar kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu diikuti oleh perwakilan ka. Penyelenggara Syariah dan Kasi Bimas Islam Kabupaten/ kota se- provinsi Bengkulu.

Acara di buka secara langsung oleh kepala Bidang Urais dan Binsyar Provinsi Bengkulu Drs. H. Ramedlon, M.Pd. diawali dan diisi oleh tim ahli hisab dan rukyat Kementerian Agama RI.

H. Ismail Fahmi, S.Ag selaku nara sumber dari kemenag RI menyampaikan pentingnya mengerti penggunaan theodolit untuk mengukur arah Kiblat agar lebih menambah keyakinan kepada masyarakat mengenai keakuratan pengukuran arah Kiblat tersebut.

Menurutnya pada prinsipkan mengukur arah Kiblat dengan metode menggunakan kompas dan busur sudah dapat digunakan untuk menentukan arah kiblat akan tetapi terkadang masyarakat kurang yakin karna banyak yang mempengaruhi pergerakan kompas.

Untuk itu diharapkan dengan mengukur arah Kiblat menggunakan Theodolit maka akan meningkatkan pengetahuan dan SDM penyelenggara Syariah dan Bimas Islam melalui Kepala KUA dalam menentukan arah kiblat. (Amin)

Bagikan :