Amati Benda Langit, Ka. KUA Pondok Kelapa Gunakan Teleskop

Amati Benda Langit, Ka. KUA Pondok Kelapa Gunakan Teleskop

Bengkulu (Inmas) - Untuk menentukan awal dan akhir Ramadhan terlebih dahulu diadakan pengamatan hilal, untuk melihat munculnya hilal dapat dilakukan dilakukan pengamatan dengan menggunakan Teleskop.

Sebagai upaya Bidang Urais dan Binsyar memberikan peningkatan SDM maka perwakilan Kasi Bimas Islam, penyelenggara Syariah dan kepala KUA kabupaten /Kota mengikuti kegiatan pengamatan benda-benda langit di halaman kanwil Kemenag provinsi Bengkulu.

Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu (25/5) ba’da sholat isya, tarawih dan witir dan berakhir menjelang pelaksanaan sahur.

Menurut kepala KUA Kecamatan Pondok Kelapa Mintarno, MHI beserta kasi Bimas Islam kankemenag Benteng Sumaryatim, SHI selaku peserta dari Kankemenag Benteng menyambut penuh antusias kegiatan tersebut sebagai upaya peningkatan SDM.

Menurutnya dengan menggunakan metode Rukyatul Hilal dengan menggunakan teleskop dapat digunakan untuk menetapkan awal dan akhir ramadhan disamping menggunakan metode hisab.

"Alhamdulillah malam ini kami dapat mempraktekkan penggunaan teleskop untuk mengamati benda-benda langit di bimbing oleh tim ahli hisab rukyat dari kemenag RI, ini merupakan momen langka khususnya bagi kepala KUA." Tutur Mintarno.

Mintarno menambahkan agar kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin agar SDM kepala KUA dapat meningkat di bidang hisab dan rukyat. (Amin)

Bagikan :