KUA Pondok Kelapa Apresiasi Seni Sebagai Pemersatu Umat

KUA Pondok Kelapa Apresiasi Seni Sebagai Pemersatu Umat

Bengkulu (Inmas) - Qasidah rebana merupakan salah satu seni bernuansa Islam yang diminati hampir merata di seluruh wilayah di kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah.

Antusias masyarakat untuk mempelajari dan menampilkan dalam setiap acara PHBI sangatlah tinggi, hal ini mendorong tingginya minat mempelajari rabana dari berbagai kalangan mulai anak-anak hingga dewasa.

Untuk itu kepala KUA kecamatan Pondok Kelapa Mintarno, MHI. Melalui penyuluh agama Islam Drs.H.Rahizal, M.Pd. mengapresiasi seni rabana sebagai alat pemersatu umat.

Hal ini nampak pada penampilan group qasidah rebana "Sakinah" di msjid As-sakinah desa harapan pada kamis (23/5)

Menurutnya dengan berlatih rabana bersama dapat menghilangkan kepenatan dan menghilangkan persoalan dan perbedaan yang dihadapi dalam masyarakat.

Mintarno menambahkan bahwa dengan seni rabana juga merupakan syair dan syiar yang memberikan kesejukan, kelembutan, dengan syair yang memberikan pesan-pesan agama kepada masyarakat.

"Ada beberapa judul lagu qasidah yang menjadi lagu favorit seperti perdamaian, Jilbab putih, kota santri, demi masa, bila izroil, sholawat nabi dan sebagainya yang cukup familiar di masyarakat." Tutup Mintarno. (Sukran)

Bagikan :