Kegiatan Literasi di MIN 3 Bengkulu Tengah

Kegiatan Literasi di MIN 3 Bengkulu Tengah

Benteng (Inmas) - Sekarang setiap sekolah wajib mengembangkan literasi sekolah sesuai dengan ketentuan yang sudah diterapkan, untuk tingkat SD maka literasi yang dilakukan adalah literasi dasar. Literasi ini meliputi tahap pembiasaan meliputi membaca bahan pustaka selama 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar. berikutnya adalah tahap pengembangan, meliputi mendiskusikan bahan bacaan yang sudah dibaca. Dan tahap berikutnya berupa pembelajaran yang meliputi penelaahan setelah literasi dasar dan tahap terakhir literasi perpustakaan media teknologi dan visual.     

Kepala MIN 3 Benteng menyampaikan budaya literasi adalah budaya membaca buku, memahami ilmu pengetahuan, misalnya  majalah, mading, koran, internet, dsb. Salah satu yang kita kembangkan adalah perpustakaan yang saat ini kita tingkatkan.

Lanjut Izhar Tujuan budaya literasi di Madrasah untuk meningkatkan minat baca anak terhadap sumber-sumber  ilmu pengetahuan. Manfaat budaya literasi bgi anak, pertama menggali/mendapatkan informasi tambahan ilmu pengetahuan yg kadang tidak di dapat di kelas.  jadi dengan membaca adalah jendela ilmu

Terakhir untuk pelaksanaan setiap kelas dijadwalkan untuk masuk ke ruangan perpus, bergantian hari, jadi semua merata mendapatkan jadwal membaca di perpustakaan. Tutur Izhar. (Heri)

Bagikan :