Ka. Kan Kemenag Mukomuko Sampaikan Tausiyah Zuhur di Masjid Agung Baitul Huda

Ka. Kan Kemenag Mukomuko Sampaikan Tausiyah Zuhur di Masjid Agung Baitul Huda

Mukomuko (Informasi dan Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko Drs. H. Ajamalus, MH pada hari Selasa tanggal 14 Mei 2019 menyampaikan Tausiyah Zuhur kepada jama,ah masjid Agung Baitul Huda setelah melaksanakan Shalat Zuhur berjam’ah yang merupakan salah satu program kegiatan Ramadhan Masjid Agung Baitul Huda Kabupaten Mukomuko selama bulan suci Ramadhan tahun 1440 H/2019 M.

Ikut hadir dalam Tausiyah Zuhur ini adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko Drs. H. Marjohan, Para Pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Kepala Dinas Instansi Vertikal,  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, karyawan dan masyarakat yang merupakan jamaah masjid Agung Baitul Huda Kabupaten Mukomuko.

Dalam Tausiyahnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko Drs. H. Ajamalus, MH menyampaikan lima macam penyebab amal ibadah tidak diterima Allah Swt, tema ini diambail dari Firman Allah Swt dalam surat Hud ayat 15 dan 16, dan Hadits Nabi Muhammad Saw. Adapun kelima penyebab amal seseorang  tidak diterima Allah Swt adalah sebagai berikut:

  1. Ibadah yang tidak diniatkan karena Allah semata. Artinya ibadah tidak dilaksanakan berdasarkan keimanan dan keikhlasan karena Allah. Ibadah dilakukan karena takut, malu, mau dipuji dan lain sebagainaya.
  2. Ibadah yang dilaksanakan berdasarkan sifat riya. Sifat riya sangat berbahaya dalam melaksanakan ibadah. Misalnya ibadah karena ingin dipuji, ingin disanjung dan lain sebagainya. Ibadah seperti ini tidak ubahnya seperti debu diatas batu nisan yang terpa oleh air sehingga habis terkikis dibawa air.
  3. Ibadah yang dilaksanakan karena sombong. Kesombongan dapat merusak nilai ibadah karena sifat sombong hanya mutlak milik Allah Swt.
  4. Ibadah yang dicampur dengan sifat syirik. Karena sifat syirik merupakan salah satu dosa besar yang tidak terampuni oleh Allah Swt, bahkan akan merusak dan menghanguskan pahala ibadah seseorang.
  5. Ibadah yang dalam kehidupannya durhaka kepada orang tua. Durhaka kepada orang tua merupakan salah satu dosa besar dan dapat pula merusak ibadah kita.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mukomuko Drs. H. Ajamalus, MH dalam tausiyahnya didepan jamaah Masjid Agung Baitul Huda Kabupaten Mukomuko setelah shalat Zuhur pada hari Selasa tanggal 07  Mei 2019. (Elan)

Bagikan :