Kemenag Kota Bengkulu Ikuti Survey Lokasi Rukyatul Hilal

Kemenag Kota Bengkulu Ikuti Survey Lokasi Rukyatul Hilal

Kota Bengkulu (Inmas), Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu menggelar survey lokasi rukyatul hilal awal Ramadhan 1440 H. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 23 April 2019 diikuti oleh Kabid Urais & Binsyar Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Ramedlon, M.Pd bersama Tim yang terdiri dari Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Kota Bengkulu dan Kepala KUA Kecamatan se-Kota Bengkulu.

Ada beberapa lokasi yang dilihat dalam survey tersebut yakni Puncak Hotel Grage, Area Pantai Berkas serta Puncak Mess Pemda di Tapak Paderi Kota Bengkulu. Dilokasi Hotel Grage dan Pantai Berkas tim tidak bisa melihat secara bebas kearah matahari tenggelam lantaran terhalang pepohonan sehingga diputuskan Rukyatul Hilal penentu awal Ramadhan 1440 H tetap dilaksanakan di Mess Pemda Provinsi Bengkulu.

Disampaikan oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Kota Bengkulu H. Rolly Gunawan, M.H.I  bahwa pelaksanaan Rukyatul Hilal tersebut akan digelar pada tanggal 5 Mei 2019 mendatang pada pukul 17.00 WIB sebab dari metode Hisab 1 Ramadhan 1440 H jatuh pada tanggal 06 Mei 2019 sehingga Rukyatul Hilal dilaksanakan sehari sebelumnya.

Nantinya pelaksanaan Rukyatul Hilal akan dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu beserta Tim BHR Provinsi Bengkulu didampingi Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Kepala Kamenag Kota Bengkulu beserta jajaran serta Kepala KUA Kecamatan se-Kota Bengkulu, Pemda Provinsi Bengkulu, Pemda Kota Bengkulu, Ormas Islam, BMKG Provinsi Bengkulu, NU, Muhammadiyah, serta perwakilan tokoh agama Islam dan unsur lainnya.

Setelah pelaksanaan survey lokasi Rukyatul Hilal ini langsung dilaksanakan pula cek lokasi rencana pembangunan Gedung KUA Kecamatan Teluk Segara dan Gading Cempaka Kota Bengkulu yang didampingi langsung oleh Kepala KUA Kecamatan masing-masing sebagai upaya pembangunan gedung SBSN KUA Kecamatan tersebut. (Rolly/Popi)

Bagikan :