CJH Benteng Lakukan Vaksin Influenza

CJH Benteng Lakukan Vaksin Influenza

Benteng (Inmas) Bertempat di puskesmas desa Ujung karang, CJH kabupaten Bengkulu Tengah melakukan vaksinasi influenza. Kegiatan ini diikuti oleh jemaah haji yang sudah melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di Bank Penerima Setoran (BPS). Menurut Kepala kantor Kementerian Agama kabupaten Bengkulu Tengah H.Sipuan, S.Ag,MM kegiatan vaksinasi sangat penting bagi jemaah sebelum menjalani ibadah haji. Ada beberapa vaksin yang harus diterima oleh calon jemaah haji termasuk vaksin influenza.

Penyakit influenza dapat dicegah dengan efektif melalui pemberian vaksin influenza. Saat ini sudah ada vaksin influenza quadrivalent yang terdiri atas dua strain influenza A yaitu H1N1 dan H3N2, serta dua strain influenza B yaitu Victoria dan Yamagata.  Menurut Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) kantor Kementerian Agama kabupaten Bengkulu Tengah, vaksinasi meningitis wajib, sedangkan vaksinasi flu (influenza) disarankan untuk jamaah haji. Pemberian vaksin influenza bermanfaat melindungi jamaah haji dari risiko terinfeksi virus influenza. Hal ini penting dilakukan karena penyakit flu yang berat dapat berlanjut menjadi penyakit saluran napas berat.

“Usai pemeriksaan kesehatan tahap 1 di puskesmas-puskesmas  rujukan, pemeriksaan tahap 2, tes kebugaran fisik, serta vaksinasi flu dan meningitis, para CJH dihimbau tetap menjaga kesehatan. Selain harus menjalani kegiatan pemeriksaan, kebugaran dan vaksinasi, kondisi kesehatan para CJH memang harus dijaga dan dipantau agar tetap fit sehingga saat pelaksanaan ibadah haji tidak terkendala,” papar Rusman.

Masih menurut Rusman, sesuai jadwal dan edaran yang sudah disepakati bersama dinas kesehatan, untuk kegiatan vaksinasi meningitis akan dilakukan tanggal 20, 22, dan 23 April di 3 puskesmas rujukan tempat masing-masing jemaah pertama kali melakukan pemeriksaan kesehatan dulu. Hasil vaksinasi dan entry data ke siskohatkes nanti merupakan syarat wajib bagi jemaah dalam mendapatkan visa selain hasil rekan biometrik. (MM)

Bagikan :