Siswa MTsN 2 Mukomuko Jalani Pemeriksaan Kesehatan dari Puskesmas Bukit Makmur

Siswa MTsN 2 Mukomuko Jalani Pemeriksaan Kesehatan dari Puskesmas Bukit Makmur

Mukomuko (Inmas), MTsN 2 Mukomuko menerima kunjungan dari petugas  Puskesmas Bukit Makmur, Selasa (16/04/2019).  Adapun maksud kunjungan tersebut yaitu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan khusus siswa-siswa kelas VIII. Beberapa hal yang diperiksa oleh petugas di antaranya adalah kesehatan gigi, mulut, telinga, mata, berat dan tinggi badan.

Santi Ervina, Amd. Keb,  salah satu petugas yang hadir dalam pemeriksaan mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memantau perkembangan gizi agar para siswa mau meningkatkan kesehatan siswa-siswi terutama gigi dan mulut.

Di lokasi yang sama, Lili Marlina, Amd. Keb yang bertugas memeriksa mata mengungkapkan bahwa kesehatan mata siswa kelas VIII A yang sudah menjalani pemeriksaan kondisinya baik. "Kondisi mata siswa kelas VIII A secara keseluruhan bagus, penglihatan tajam dan tidak ada yang buta warna," ujar Lili.

Sedangkan Istiroah, Amd. Kep, petugas pemeriksa berat badan, telinga, gigi dan mulut menemukan ada beberapa siswa yang mengalami obesitas dan kondisi gigi siswa yang keropos, gusi berdarah, serta menumpuknya karang gigi.

"Kegiatan seperti ini penting. Agar kita tahu kondisi mata dan gigi kita normal atau enggak. Misalnya kalau kondisi gigi kita bermasalah kita harus rajin gosok gigi dan rutin periksa ke dokter, " kata Amalatussaleha saat diwawancarai bersama tiga teman lainnya. Usai pemeriksaan, petugas memberikan penyuluhan kepada para siswa yang dinilai kondisi kesehatannya bermasalah. Di antaranya dilarang main HP dalam waktu yang lama dan rajin sikat gigi.

Selaku kepala madrasah, Muhsinun, M.Pd.I menyambut baik dengan adanya kegiatan tersebut. Muhsinun berharap kegiatan tersebut dapat berkelanjutan. Untuk para siswa diharapkan agar selalu menjaga sikap kooperatif dengan para petugas mengingat kegiatan tersebut penting bagi mereka. (Muhtohar).

Bagikan :