Siswa MIN 2 Lebong Terima Sosialisasi Ganas dari Puskesmas Ketenong

Siswa MIN 2 Lebong Terima Sosialisasi Ganas dari Puskesmas Ketenong

Lebong (Inmas), Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lebong terima Sosialisasi Gerakan Anak Sehat (GANAS) dari Puskesmas Ketenong hal ini dikatakan Kepala MIN 2 Lebong Yunsi Reva Agustina saat sosialisasi berlangsung di gedung MIN 2 Lebong pada Senin (08/04).

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan sosialisasi dikatakan Yunsi Reva Agustina untuk menghindari dari berbagai jenis penyakit dan mencegah infeksi akibat bakteri dan kuman dengan membiasakan perilaku hidup sehat seperti mencuci tangan dengan sabun dengan teknik yang benar.

“Kematian ibu dan anak salah satunya di sebabkan bakteri. Bakteri ini tentunya bersumber dari tangan yang tidak di cuci dengan bersih sebelum mengkonsumsi makanan yang akhirnya bakteri termakan,” kata Yunsi Reva Agustina.

Ia berharap dengan sosialisasi Ganas ini seluruh siswa siswi MIN 2 Lebong bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat baik badannya dan lingkungan baik di sekolah maupun di rumah.

Sementara itu petugas dari Pukesmas Ketenong Kusin mengatakan mencuci tangan tidak hanya sekedar mencuci tangan tentunya memiliki teknik-teknik tertentu agar tangan bersih dari bakteri dan kuman.

“Ada 7 langkah mencuci tangan pake sabun yang benar yaitu basahi kedua telapak setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap lalu gosok kedua telapak secara lembut. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian, jangan terburu-buru. Jangan lupa jari-jari anda, gosok sela-sela jari hingga bersih. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkannya. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan Bersihkan kedua pergelangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu,” kata Kusin.

Selain itu kusin juga menjelaskan terkait menjaga tubuh dengan benar, cara membuat perangkap nyamuk dan memeriksa garam beryodium. (Bibin)

Bagikan :