KUA Pondok Kelapa Dalami Check Up Keuangan di Merlynn Park

KUA Pondok Kelapa Dalami <i>Check Up</i> Keuangan di Merlynn Park

Bengkulu (Inmas) - Salah satu pendalaman materi yang dilaksanakan dalam proses bimtek berkah pengelolaan keuangan keluarga adalah neraca keuangan yang dibimbing oleh Ahmad Ghozi dan Alissa Wahid.

Dalam kegiatan bimtek yang dilaksanakan oleh kementerian agama RI di hotel Merlynn Park jalan Hasyim Asy'ari Jakarta pusat (7-9 April 2019) diikuti oleh 50 orang dari 8 provinsi di seluruh Indonesia.

Materi Neraca keuangan keluarga menjadi salah satu materi favorit yang dijadwalkan karena dengan neraca keuangan peserta dapat melaksanakan check up keuangan keluarga dan koreksi neraca keuangan.

"Prinsipnya semakin jujur check up ekonomi yang ditampilkan dalam neraca keuangan maka akan semakin baik" urai Ahmad Ghozi.

Ia menambahkan hal yang terpenting dalam hal koreksi neraca keuangan melalui check up adalah mengklasifikasi prioritas kebutuhan.

Sementara itu Alissa Wahid dalam paparannya lebih menitikberatkan pada pentingnya rencana keuangan, tabungan dan investasi jangka panjang.

"Kita harus menghitung berapa uang tunai yang dimiliki setiap bulan, berapa tabungan rutin setiap bulan, berapa cicilan hutang setiap bulan kemudian seberapa besar kita mampu berinvestasi setiap bulan" jelas Alissa.

Kepala KUA kecamatan Pondok Kelapa Mintarno, SHI, MHI yang ikut mendalami check up keuangan merasa bersyukur dengan materi yang diterima berkaitan dengan pengelolaan keuangan keluarga.

Menurutnya jika setiap calon pengantin di KUA dapat dibekali dengan bimtek ini dapat dipastikan calon pengantin lebih siap mengatur ekonominya yang berdampak menurunkan angka perceraian. (Amin)

Bagikan :