MIN 2 Asah Keterampilan Anak Didik Melalui Ujian Praktik

MIN 2 Asah Keterampilan Anak Didik Melalui Ujian Praktik

Kota Bengkulu (Inmas), Sebanyak 154 siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kota Bengkulu melaksanakan Ujian Praktik  yang dilaksanakan selama satu Minggu dari hari Senin tanggal  25 Maret dan berakhir pada pada hari Sabtu tanggal 30 Maret 2019.

Pada  hari pertama, mata pelajaran yang diujikan yaitu Fiqih,dan dilanjutkan untuk pelajaran Alqur’an Hadist, Bahasa arab, Bahasa indonesia, Olahraga, IPA  dan pelajaran Sbdp pada hari- hari  berikutnya.

Untuk mata pelajaran Fiqih, masing-masing anak satu persatu mempraktekkan cara berwudhu yang benar dan dilanjutkan dengan mempraktikan Sholat beserta Zikir dan  Wirid. Yang dilaksanakan diruang Mushollah MIN 2 Kota Bengkulu.

Untuk mata pelajaran Alqur’an Hadist, anak mempraktikan menulis hadist tanpa melihat buku dan membaca Alqur’an surat Al Baqoroh sedangkan untuk mata pelajaran Bahasa Arab,  anak mempraktikan percakapan dengan  bahasa arab dan menyebutkan Tashrif fi’il madhi dan Tashrif fi’il Mudhori’. Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, anak mempraktikan ekpresi baca puisi.

Untuk mata pelajaran Olahraga, anak mempraktikan sikap lilin diatas matras dan melakukan servis bawah dan atas  pada permainan bola volly. Untuk mata pelajaran IPA, anak mempraktikan pengaruh gaya terhadap gerak dan untuk mata pelajaran Sbdp mempraktekan cara penyajian dan menata makanan di atas meja.

Salah satu siswi peserta ujian praktik, atas nama Dwi Kartika dari Kelas VI D dan teman-temannya  menyampaikan tanggapan positif dari ujian praktik ini. Dimana, mereka anak didik MIN 2 Kota Bengkulu dapat menilai kemampuan dirinya sendiri  mengenai materi yang sudah dipelajari. Dan sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari hari seperti berwudhu, sholat, zikir, hadits, baik pelajaran agama maupun pelajaran umum semuanya bermanfaat.

Disampaikan oleh Kepala MIN 2 Kota Bengkulu, Zinatul Hayati, S.Ag bahwa ujian praktik sekolah merupakan bagian dari seluruh rangkaian ujian sekolah yang akan digunakan untuk menilai kompetensi peserta didik mengenai suatu mata pelajaran yang diujikan secara langsung dengan diadakannya ujian praktek untuk siswa kelas VI ini, selain untuk mengambil nilai siswa juga merupakan ajang pengimplementasian teori pembelajaran yang diajarkan oleh dewan guru.

“Kita berharap anak didik Kelas VI yang telah melaksanakan ujian praktik ini dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapat bagi keluarga, terlebih untuk dirinya sendiri secara baik dan benar. Alhamdulilah, semua rangkaian kegiatan ujian praktik siswa Kelas VI MIN 2 Kota Bengkulu ini berjalan lancar dan semua anak telah mengikutinya dengan baik. Hanya ada beberapa anak yang mengikuti remedial dan kita berharap semua anak mendapat nilai yang baik,” tutup Zinatul Hayati. (Ridwan/popi)

Bagikan :