UKS MIN 1 Bengkulu Tengah Bersama Tim Puskesmas Bentiring Gelar Sikat Gigi dan Cuci Tangan

UKS MIN 1 Bengkulu Tengah Bersama Tim Puskesmas Bentiring Gelar Sikat Gigi dan Cuci Tangan

Benteng (Inmas) - Tim Pembina  Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bengkulu Tengah bersama Pihak Pukesmas Bentiring Kec. Pondok Kubang menggelar aksi Sikat Gigi dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) selasa 02 April 2019.

Kegiatan cara menyikat gigi yang benar serta CTPS tersebut dipandu langsung pihak dari Pukesmas bentiring yakni Lamro Nauli, S.Km. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman MIN 1  ketika waktu istirahat yang melibatkan seluruh siswa-siswi MIN 1 Bengkulu Tengah.

Pada kesempatan tersebut sebelum dilaksanakannya cara menyikat gigi dan cuci tangan yang benar, pihak Puskesmas Bentiring juga menjelaskan pentingnya mengosok gigi dan mencuci tangan yang benar kepada seluruh siswa.

“Mencuci tangan merupakan tindakan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun agar menjadi bersih dan sehat sehingga memutuskan mata rantai penyebaran kuman dari tangan. Mencuci tangan penting karena tangan kita dapat terhindar dari kotoran dan mikroorganisme”.

Lebih lanjut Lamro Nauli, S.Km menambahkan, “Selain mencuci tangan, menyikat gigi yang baik dan benar sangat penting. Gigi dan mulut yang sehat ditandai dengan nafas segar, gigi putih, dan gusi merah muda. Gigi berlubang dapat diakibatkan oleh berbagai faktor diantaranya tidak menyikat gigi setelah makan makanan yang manis, tidak menyikat gigi setelah sarapan, tidak menyikat gigi sebelum tidur, dan kurang makan makanan berserat. Selain itu kami juga menganjurkan untuk menyikat gigi 2 kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur”.

Pada kegiatan tersebut seluruh siswa tampak bersemangat mengikuti arahan tentang bagaimana cara mencuci tangan dan menyikat gigi yang benar agar senantiasa selalu terjaga kesehatannya. Siswa siswi yang mengikuti kegiatan tersebut, sangat senang bisa mengetahui bagaimana cara menyikat gigi yang benar agar gigi bisa sehat dan tidak berlubang.

Menutup kegiatan tersebut Emiyati, M.Pd Kepala Madrasah mengatakan, “Banyak orang yang mengetahui pentingnya cuci tangan dan gosok gigi, namun pada praktiknya masih banyak pula yang tidak membiasakan diri untuk melakukannya dengan benar. Oleh karena itu, hal ini sangat penting diajarkan kepada masyarakat dimulai sejak dini yakni sejak SD atau Madrasah Ibtidaiyah sebagai tindakan pencegahan dan pengontrolan penyakit”. (Anita NS)

Bagikan :