Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Karang Anyar Biasakan Budaya Salam

Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Karang Anyar Biasakan Budaya Salam

Rejang Lebong (Inmas) --- Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 10 Karang Anyar Rejang Lebong (RL) giatkan budaya salam dikalangan siswa dan guru dalam rangka mengupayakan dan meningkatkan akhlak Islami, rasa kepedulian, rasa saling menghormati dan rasa menghargai sesama.

Membiasakan budaya salam merupakan salah satu program intern MIM 10 RL yang setiap harinya wajib untuk dilakukan oleh siswa dan guru mulai dari ketika bertemu, memulai pembicaraan, memulai aktivitas didalam kelas dan waku pulang sekolah dengan tujuan untuk mempererat rasa persaudaraan.

 Dalam Islam Rasulullah SAW mengajarkan bahwa hendaklah kita senantiasa bersalaman sebagaimana hadits Rasulullah SAW “apabila seorang diantara engkau semua bertemu saudaranya yakni sesama muslim maka hendaklah mengucap salam padanya, jikalau antara keduanya itu terhalang sebuah pohon, dinding atau batu kemudian bertemu lagi saudaranya itu, maka hendaklah bersalam lagi.” (HR Abu Daud dari Abu Hurairoh).

Kepala MIM 10 RL Burhan Fajri S, Pd.I ketika sebagai pembina upacara, senin (01/4/19) pagi tadi pukul 08.10 WIB dilapangan MIM 10 RL, melihat pentingnya salam dari hadits tersebut maka beliau menegaskan kepada guru untuk selalu mengingatkan siswa supaya selalu melakukan salam kepada siapapun, dimanapun dan kapanpun, sehingga siswa dan guru MIM 10 RL memang dikenal dengan rasa keramahan dan kesopanan.

“Saya mengapresiasi budaya salam yang selama ini sudah kita mulai dan lakukan, ini sudah terlihat peningkatannya, namun kedepannya perlu adanya peningkatan agar para siswa tidak hanya sopan dan ramah disekolah tetapi dimanapun mereka berada mereka juga dapat menerapkan keramahan dan kesopanan itu” Ujar Burhan. (Andika)

Bagikan :