Kasi Penmad Kemenag Mukomuko: Madrasah Pelestari Lingkungan

Kasi Penmad Kemenag Mukomuko: Madrasah  Pelestari Lingkungan

Mukomuko (Inmas), Pada prinsipnya hampir setiap madrasah memiliki potensi spesifik yang berbeda antara satu dengan lainnya yang berimplikasi pada kekhasan madrasah dan diantara kekhasan pada madrasah yang terbilang unik yaitu madrasah pelestari lingkungan.

Madrasah Raudhatunnajah, merupakan madrasah yang memiliki corak pelestari lingkungan, hal ini terlihat tidak saja dari lingkungan madrasah yang sarat dengan taman dan pepohonan, lebih dari itu madrasah ini memiliki hutan mini yang terkelola dengan baik.

Munculnya tradisi rawat dan tanam pohon bagi siswa semakin menguatkan hal tersebut. Hal tersebut juga merupakan beberapa tema yang menjadi bahasan diskusi antara Kasi Penmad Kemenag Mukomuko, Darmanto, dan Pengasuh Yayasan Darunnajah, Kyai Maftuhil Arifin.

"Madrasah pelestari lingkungan bisa jadi akan menjadi model madrasah berbasis lingkungan, tidak semata berorientasi pada adiwiyata namun lebih kepada madrasah yang benar- benar sadar dan cinta lingkungan", papar Darmanto.

Terpisah, Kyai Maftuhil Arifin menyampaikan bahwa saat ini raudhatunnajah benar - benar sedang melaksanakan program madrasah pelestari lingkungan secara masif dan gencar dengan harapan akan dapat menjadi ciri dan khasanah baru pengembangan madrasah. (Mukhlis).

Bagikan :