Kamad Tekankan Seluruh Civitas MAN 1 Lebong Bertanggung Jawab Membina Karakter Siswa

Kamad Tekankan Seluruh Civitas MAN 1 Lebong Bertanggung Jawab Membina Karakter Siswa

Lebong (Inmas), Kalau bukan kita, siapa lagi?” demikian sepenggal kalimat penutup yang terucap oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lebong- Emi Suswati  dihadapan Tenaga Pendidik dan Kependidikan pada saat memimpin rapat evaluasi triwulan I Tahun 2019 Tahun Ajaran 2018/2019 di ruang Dewan Guru MAN 1 Lebong pada Senin (25/03). Kegiatan ini membahas beberapa agenda diantaranya evaluasi program yang telah terlaksana, persiapan perpisahan siswa Kelas XII dan beberapa hal lain yang dianggap penting.

Dalam kesempatan tersebut Emi tekankan kepada seluruh komponen Madrasah baik Guru maupun Tenaga Ketatausahaan untuk bersama-sama memikul amanah dalam membina karakter siswa-siswi MAN 1 Lebong yang agamis, disiplin, bertanggungjawab, berlaku santun sebagai cermin dari Sekolah yang bersendi Keislaman.

Lebih lanjut Ia sampaikan beberapa hal terkait dengan penanaman pendidikan berkarakter bagi siswa-siswi Madarasah, mulai dari tanggung jawab Petugas Penjaga Gerbang, guru piket untuk selalu mengecek kerapihan siswa dari cara berpakaian, kelengkapan atribut seragam, rambut hingga kedisiplinan kehadiran, petugas perpustakaan agar lebih mengoptimalkan layanan sehingga siswa meningkatkan minat membaca dan rajin berkunjung ke perpustakaan serta pelaksanaan Kegiatan Ekstra kurikuler yang harus konsisten dilaksanakan oleh masing-masing guru Pembina yang membidanginya.

Dalam kesempatan itu pula Emi menghimbau agar para Guru dan Tata Usaha ikut andil bersama-sama melaksanakan kegiatan Ibadah yang dilaksanakan oleh siswa pada jam sekolah, mulai dari Shalat Sunnah Dhuha berjamaah, kegiatan muhadharah, hingga pelaksanaan Dzuhur berjamaah yang dilanjutkan dengan shalawat dan tausiyah oleh siswa-siswi MAN 1 Lebong.

Dan dipenghujung agenda rapat Emi meminta kepada Guru Pembimbing Keagamaan agar menyusun program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) untuk dapat dilaksanakan satu kali dalam sebulan secara terjadwal.

“Diharapkan dengan adanya kekompakan dan rasa tanggung jawab dalam memajukan Madrasah kita ini terutama dalam mencetak produk didik yang akademis dan berkarakter agamis, mudah-mudahan niat baik ini akan tercapai,” tutup Emi. (Malvinas RNBS)

Bagikan :