Tingkatkan Keterampilan dan Kreatifitas Siswa, MIN 1 RL Gelar Muhadharah

Tingkatkan Keterampilan dan Kreatifitas Siswa, MIN 1 RL Gelar Muhadharah

Rejang Lebong (Inmas) --- Muhadharah merupakan salah satu program yang dikembangkan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong (RL) dalam upaya meningkatkan keterampilan dan kreatifitas siswa.

Siswa/i MIN 1 RL dari kelas 1 s/d 6  dengan didampingi wali kelas masing-masing ikut andil dalam kegiatan yang rutin dilaksanakan pada hari jumat di minggu keempat setiap bulannya. Kegiatan muhadharah dilaksanakan di halaman madrasah, Jumat (22/03).

Kepala MIN 1 RL, Wawan Herianto, S.Pd.,MM pada kesempatan tersebut menyampaikan “Tujuan utama Muhadhara ini adalah untuk melatih sejak dini keterampilan dan kreatifitas siswa dalam berdakwah atau syiar Islam yang nantinya akan menjadikan siswa mampu menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, dan membentuk mental berani serta percaya diri tampil di depan orang banyak”.

Lebih lanjut Wawan Herianto menambahkan, “Kegiatan muhadhara di MIN 1 RL kedepannya akan kita laksanakan dalam tiga bahasa yaitu Indonesia, Inggris dan Arab. Hal ini dipandang realitis karena kegiatan upacara bendera setiap senin MIN 1 RL juga diterapkan dalam tiga bahasa”.

Membaca ayat Al-qur’an, membaca dan hafalan hadist, hafalan asmaul husna, berpidato, membaca doa sehari-hari, membaca puisi, tampilan nasyid, dan ceramah agama dari guru MIN 1 RL adalah rangkaian acara yang mengisi kegiatan muhadharah di MIN 1 RL.

Nabila Aulia Rahma, siswi kela 6A mengatakan, “Kami sangat senang dan antusias dengan kegaiatan muhadharah ini karena kami sebelumnya telah berlatih dan menyiapkan semaksimal mungkin untuk tampil pada kegiatan ini”.

Melalui kegiatan muhadharah ini diharapkan siswa/i MIN 1 RL dapat mengembangkan potensi dan bakatnya serta dapat melatih kreatifitas dan keterampilan siswa dalam beberapa hal terkhusus dalam menyiarkan syiar Islam serta kegiatan ini diharapkan juga dapat melatih dan meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk berani tampil di depan orang banyak. (Randi)

Bagikan :