Kabid Penmad Kanwil Bengkulu Bina Kepala Madrasah

Kabid Penmad Kanwil Bengkulu Bina Kepala Madrasah

Lebong (Inmas), Dalam rangka persiapan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Berbasis Komputer (BK), Ujian Nasional (UN) Berbasis Komputer (BK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Berbasis Komputer (BK) Tahun Pelajaran 2018-2019 Kabid Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Junni Muslimin lakukan pembinaan Kepala RA, MI, MTs dan MA Negeri maupun Swasta lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Lebong di ruang rapat MTs N 1 Lebong pada Rabu (20/03).

Pada kesempatan yang baik itu Kabid Penmad Kanwil Bengkulu Junni Muslimin mengatakan kepada seluruh Kepala Sekolah untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk terlaksananya UAMBN Tapel 2018-2019 serta untuk memperbaiki segala kekurangan dalam pelaksanaan UAMBN, ia memastikan seluruh peserta ujian harus 100% mengikuti ujian.

“UAMBN-BK adalah ujian ciri khas madrasah yang bertujuan untuk pemetaan mutu pendidikan dan mengukur standar pendidikan pada jenjang MTs dan MA secara Nasional mencakup mata pelajaran Al Quran Hadis, Sejarah Kebudayan Islam, Fiqih dan Bahasa Arab,” Kata Junni Muslimin.

Ia juga menuturkan cara satuan pendidikan menentukan kelulusan dengan memadukan nilai UAMBN dan USBN sementara materi UN ditentukan oleh pusat baik soal maupun penilaiannya.

Selain itu ia menghimbau kepada seluruh Kepala Madrasah untuk terus mempersiapkan pelaksanan ujian baik sapras pendukung maupun siswanya dengan harapan siswa Madrasah dapat mengedepankan kejujuran dan integritas.

“Kelulusan siswa harus berdasarkan kemapuan siswa sendiri bukan karena kecurangan atau di bantu gurunya, tanamkan  perilaku jujur sejak dini kepada siswa, siapkan mental siswa dengan persiapan belajar yang rajin dengan cara belajar mandiri atau kelompok, setiap sekolah harus maksimal memberikan pembekalan kepada siswa sehingga mental mereka benar-benar siap untuk mengikuti ujian nasional nanti,” tutup pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Kemenag Lebong.

Hadir dalam pembinaan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Mansyahri Kasi Kelembagaan Kanwil Kemenag Bengkulu Zulman Fajar Kasi Pendis Kemenag Lebong Harta yang diikuti seluruh Kepala RA, MI, MTs dan MA se-Kabupaten Lebong. (Bibin)

Bagikan :