Anggota Pramuka MAN 1 Mukomuko Pelatihan Penanggulangan Bencana

Anggota Pramuka MAN 1 Mukomuko Pelatihan Penanggulangan Bencana

Mukomuko (Inmas), Merespon undangan dari  Kwartir Cabang 0707 Mukomuko no. 12-0707-A. Anggota Pramuka MAN 1 Mukomuko ikuti pelatihan penanggulangan bencana yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Pramuka Mukomuko bekerja sama dengan Bazarnas, TNI dan Polri.

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dan diikuti oleh anggota pramuka yang berasal dari dua belas sekolah.  Dalam pelatihan tersebut, peserta mengikuti beberapa metode penanggulangan bencana. Adapun metodenya disesuaikan dengan jenis bencana, tempat dan kondisi pada saat bencana.

Pelatihan tersebut merupakan upaya dari Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) untuk membekali generasi muda dalam memahami tindakan yang seharusnya dilakukan ketika terjadi bencana. Hal ini berkaitan dengan banyaknya bencana yang terjadi beberapa bulan terakhir dan tidak menuntut kemungkinan kedepannya dapat terjadi lagi sehingga pembekalan atau pelatihan penanggulangan sangat penting dilakukan.

Selain memberikan pelatihan penanggulangan bencana, peserta juga dibekali pengetahuan tentang pentingnya  mencintai dan memelihara lingkungan. Karena bencana pada dasarnya bersumber dari ketidakpedulian manusia terhadap lingkungannya.

Jika bisa dicegah kenapa harus menaggulangi, itulah salah satu prinsip yang ditanamkan kepada peseta pelatihan. Meskipun begitu, pelatihan penaggulangan tetap dilaksanakan karena bencana dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, simulasi penaggulangan bencana dilaksanakan dengan melibatkan beberapa pakar dari Bazarnas, TNI dan Polri. *(J88).

 

Bagikan :