Pemadaman Listrik PLN Sering Terjadi, MAN 1 Mukomuko Gunakan Genset

Pemadaman Listrik PLN Sering Terjadi, MAN 1 Mukomuko Gunakan Genset

Mukomuko (Inmas), Tidak ingin mengambil resiko kerusakan komputer, MAN 1 Mukomuko gunakan genset sebagai sumber listrik saat ujian computer dilaksanakan. Penggunaan genset digunakan saat ujian madrasah berstandar nasional (UAMBNBK) dan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) dan Alhamdulillah berjalan lancar.

Tidak hanya digunakan saat UAMBNBK dan USBK, penggunaan genset juga akan dilakukan saat ujian nasional berbasis komputer (UNBK) bulan april mendatang. Keputusan penggunaan genset berkapasitas 9000 watt tersebut dilakukan karena berkaca pada pelaksanaan ujian komputer tahun sebelumnya, dimana ada beberapa komputer yang mengalami kerusakan akibat pemadaman listrik yang berulang kali.

Genset yang berkapasitas 9000 watt tersebut, menghidupkan 40 komputer/laptop  client,  dua unit komputer server, empat AC 1 PK dan 4 kipas angin. Sejauh ini Alhamdulillah ujian dapat dilaksanakan dengan baik.

Meskipun demikian, kekhawatiran terhadap kestabilan listrik tetap ada, karena genset hidup dari pagi sampai sore hari, mulai dari simulasi dilaksanakan beberapa kali ditambah UAMBNBK dan USBNBK. Kurangnya jumlah UPS juga menjadi salah satu kendala yang menjadi beban proctor jika genset atau listrik tiba-tiba padam.*(J88).

 

Bagikan :