Kanwil Kemenag Bengkulu Gelar Pembinaan SDM Penghulu Kemenag Lebong

Kanwil Kemenag Bengkulu Gelar Pembinaan SDM Penghulu Kemenag Lebong

Lebong (Inmas), Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu melalui Kabid Urais dan Binsyar Drs. H. Ramedlon M.Pd menggelar pembinaan SDM penghulu di ruang rapat Kantor Kemenag Lebong pada Kamis (14/03).

Dalam pembinaan yang diikuti 12 Kepala KUA dan Penghulu tersebut Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Bengkulu Ramedlon meminta kepada Kepala KUA di lingkungan Kemenag Lebong untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Ia berharap kepada para Penghulu di untuk meningkatkan kualitas SDM dalam melaksanakan tugas Kepenghuluannya berdasarkan aturan-aturan yang berlaku dan tidak menyimpang dari regulasi yang telah ditentukan.

“Penghulu adalah ASN sebagai pencatat nikah yang memiliki tugas melakukn pelayanan dan konsultasi nikah rujuk maka dari itu harus memiliki kemampuan pemahamann administrasi dalam menjalankan tugasnya disamping memiliki wawasan keagamaan yang mumpuni,” kata Ramedlon.

Sementara itu Ka. Kankemenag Lebong Mansyahri mengatakan bahwa salah satu pembenahan yang dilakukan adalah mendorong peningkatan pelayanan penghulu dan KUA, walaupun SDM yang ada di KUA Kabupaten Lebong masih bisa dikatakan kurang ideal ditambah lagi dengan kurangnya pendukung bagi terlaksananya tugas pelayanan bagi masyarakat yang diemban Kantor Urusan Agama.

“Dengan keterbatasannya seperti jumlah SDM yang masih kurang, sarana dan prasarana seperti lahan dan gedung, penghulu harus mampu memberikan pelayanan yang maksimal ke masyarakat,” kata Mansyahri. (Bibin)

Bagikan :