MAN 2 Kota Bengkulu Gelar Mabit

MAN 2 Kota Bengkulu Gelar Mabit

Kota Bengkulu (Inmas), Dalam rangka menyiapkan mental dan spiritual siswa menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bengkulu kembali melaksanakan kegiatan Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 8 Maret 2019 dan diikuti oleh seluruh siswa Kelas XII berjumlah 285 orang.

Seluruh siswa Kelas XII MAN 2 Kota Bengkulu yang mengikuti kegiatan MABIT nampak antusias saat mengikuti kegiatan ini. kegiatan dimulai pukul 18.00 WIB dengan melakukan sholat Magrib berjamaah, dilanjutkan dengan Tadarus Alquran sampai menjelang Isya.

Disampaikan oleh Kepala Kepala Tata Usaha MAN 2 Kota Bengkulu Nizan Syakrani, S.AP bahwa kegiatan ini diaksanakan dengan tujuan untuk menyiapkan mental dan spiritual siswa Kelas XII menjelang pelaksanaan UN.

“Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, para siswa diharapkan lebih tenang dan optimis. Sehingga, pada UN nanti dapat mengerjakan soal-soal dengan tenang dan jujur,” ujar Nizan Syakrani.

Acara MABIT ini diisi dengan pemberian motivasi dari para guru. Salah satunya dari Mery Yumiati, M.T.Pd selaku pembimbing MABIT malam itu. Bahwa ada tiga persiapan yang harus dilakukan. Yakni, persiapan fisik, persiapan materi, serta persiapan mental dan spiritual yang harus dilakukan oleh siswa. Selanjutnya Mery Yumiati juga memotivasi siswa untuk menyiapkan UN, dengan kerja keras, diiringi kerja cerdas, dan tak lupa perlu kerja ikhlas.

Kegiatan MABIT ditutup dengan Qiyamul lail yang bertindak sebagai Imam yaitu Ustad Arqam, M.Pd setelah itu dilanjutkan dengan melakukan muhasabah.

Dimana, untuk melakukan perkara besar semisal UN ini, ia berpesan, ringan kan beban diri dengan memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa yang pernah dilakukan. Entah karena melalaikan sholat, menyakiti teman, membantah guru, lebih-lebih menyakiti orang tua,

Terpisah, Kepala MAN 2 Kota Bengkulu, Karmila, M.Pd. dalam pesannya menyampaikan kegiatan Mabit merupakan salah satu kegiatan unggulan dalam rangka sukses UAMBNBK, USBNKP, USBNBK dan UNBK  yang akan berlangsung pada tanggal 11  Maret 2019 sampai dengan 08 April 2019.

“Kami mencoba membantu siswa untuk lebih bisa menyiapkan diri menghadapi UN dan percaya diri dengan keberhasilan yang akan diraih,  tentunya dengan belajar lebih fokus untuk menghadapi UN dan menyiapkan ruhiyah,” terang Karmila. (Herwin/popi)

Bagikan :