Siswa Kelas IX MTsN 2 Mukomuko Ikuti Ujian Praktik IPA

Siswa Kelas IX MTsN 2 Mukomuko Ikuti Ujian Praktik IPA

Mukomuko (Inmas), Salah satu tahapan ujian yang harus diikuti siswa kelas IX sebagai syarat penentu kelulusan yaitu ujian praktik. Ujian Praktik Madrasah digunakan oleh para guru untuk menilai kompetensi siswa dalam menguasai beberapa mata pelajaran dengan cara diujikan melalui praktik langsung.

Salah satu mata pelajaran ujian praktik yang harus diikuti oleh para siswa yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Ditemui di lab madrasah, Sumardiyati selaku guru IPA yang menangani ujian praktik tersebut menjelaskan setidaknya ada 3 materi yang harus diikuti.

"Iya jadi untuk ujian praktik mata pelajaran IPA ada 3 macam yaitu mikrometer skrup, bioteknologi, dan seperti yang sedang kita laksanakan hari ini praktik mikroskop," ujar Sumardiyati, Sabtu (2/03/2019). Saat mengunjungi ruang Laboratotium IPA tampak siswa sedang fokus mengamati preparat kering seperti hidra (hewan bertunas, batang monokotil dan dikotil,  akar monokotil dan dikotil, jamur sel darah merah, serta sela darah putih. Untuk ujian bioteknologi para siswa ditugaskan untuk membuat tapai dari singkong dan beras ketan.

Pihak madrasah mengimbau kepada seluruh siswa kelas IX untuk mengikuti ujian praktik dengan sungguh-sungguh karena ujian tersebut juga punya andil dalam menambah nilai standar kelulusan. Menyikapi hal itu,  Baharudin Yusuf salah satu siswa yang ditemui usai mengikuti ujian praktik mengaku sudah melakukan berbagai persiapan sebelumnya.  Termasuk memahami kembali materi-materi yang telah dipelajari di kelas VII. (Muhtohar).

Bagikan :