Siswa MAN 1 Lebong Praktikkan Tata Cara Memandikan Jenazah

Siswa MAN 1 Lebong Praktikkan Tata Cara Memandikan Jenazah

Lebong (Inmas), Belasan siswa kelas XII terlihat antusias melakukan praktik memandikan, mengkafani dan menshalatkan Jenazah yang dilaksanakan di Musholla Ummul Khair Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lebong, pada hari Rabu, 27 Februari 2019 sekitar pukul 13.00 WIB.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Guru Fiqih MAN 1 Lebong- Bustamar ini bertujuan memberikan pemahaman hukum Islam yang benar kepada para siswa-siswinya ketika suatu saat terjun di tengah masyarakat untuk  memandikan dan menshalatkan jenazah.

“Tata cara memandikan, mengkafani dan menshalatkan jenazah merupakan praktik bidang studi fiqih yang hukumnya fardu kifayah, sehingga seluruh umat Islam wajib memahami, mengetahui, dan melaksanakan tata cara mengurus jenazah mulai dari mrmandikan, mengkafani, mensholatkan dan menguburkan,” kata Bustamar.

Diterangkan lebih lanjut oleh Bustamar sembari melakukan praktik menggunakan media boneka, bahwa ketentuan memandikan jenazah laki-laki dilakukan oleh laki-laki begitu juga sebaliknya dan dilakukan di tempat tertutup

Selaku Kepala MAN 1 Lebong- Emi Suswati membenarkan adanya kegiatan praktek tata cara mengurus jenazah, menurutnya sebagai siswa Madrasah tidak hanya harus mampu melaksanakan fardu a’in saja melainkan juga harus memahami tata cara mengurus jenazah apabila suatu saat terjun di tengah masyarakat untuk memandikan, mengkafani dan menshalatkannya.

Salah satu siswa kelas XII- M. Amru mengatakan bahwa praktik penyelenggaraan jenazah sangatlah menarik, “kami jadi tahu bagaimana tata cara memandikan jenazah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat bila berada di tengah masyarakat nantinya,” kata Amru. (Malvinas RNBS)

Bagikan :