Kemenag Kota Bengkulu Adakan SOsialisasi Penyelenggaraan Haji

Kemenag Kota Bengkulu Adakan SOsialisasi Penyelenggaraan Haji

Kota Bengkulu (Inmas)– Salah satu amanat dalam Undang Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji adalah memberikan pelayanan, pembinaan dan perlindungan terhadap jemaah haji. Sehingga jemaah haji dapat melaksanakan ibadah haji secara mandiri sesuai dengan tuntunan agama dan memperoleh haji mabrur.

    Pembinaan jamaah haji merupakan salah satu tugas utama penyelenggaraan ibadah haji. Yang telah dijabarkan secara proporsional sesuai dengan fungsi pembinaan. Meliputi penyediaan sarana, penyiapan infrastruktur, pelatih dan pembimbing serta penyempurnaan sistem pembinaan mulai dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah.

    Peningkatan-peningkatan dalam pelayanan dan perlindungan terhadap calon jemaah haji lebih siap mandiri dalam pelaksanaan. Mulai dari memberikan informasi dan pengetahuan tentang cara pembuatan buku kesehatan dan tips menjaga kesehatan di Indonesia dan selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Sesuai dengan panduan dan petunjuk yang berlaku di Kota Bengkulu. sehingga, terbangun komitmen bersama dan menjadi calon jemaah haji yang mandiri dan disiplin.

    Untuk itu, maka Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kesehatan haji. Yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. tepatnya hari Selasa tanggal 19 februari 2019. Bertempat di Masjid Agung At Taqwa Anggut Kota Bengkulu. dan diikuti oleh 311 orang peserta yang merupakan Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Bengkulu yang akan berangkat pada musin haji tahun 2019 ini.

    Kegiatan Sosialisasi Kesehatan Haji ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Bengkulu, Drs. H. tarsi, MA. yang sekaligus menyampaikan materi tentang Kebijakan Kementerian Agama dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji.

    Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan 2 pemateri lain. Yakni, Kepala Seksi PHU Kantor Kemenag Kota Bengkulu. yang menyampaikan tentang Fungsi pokok Dokumen Kesehatan Haji. Serta, Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Nelli Hartati, SKM.MM. yang menyampaikan materi Kebijakan Pemerintah di Bidang Kesehatan dalam Penyelenggaraan Ibadah haji. (popi)

Bagikan :