Pukesmas Ujung Karang Sosialisasikan Bahaya DBD Kepada Siswa MIN 5 Benteng

Pukesmas Ujung Karang Sosialisasikan Bahaya DBD Kepada Siswa MIN 5 Benteng

Benteng (Inmas) - Rabu,12 Februari 2019 Siswa kelas 4-6 MIN 5 Bengkulu Tengah mendapat penyuluhan tentang penyakit DBD ( Demam Berdarah Dengue)  sekaligus pembentukan petugas jumantik, mengisi obat UKS yg kurang serta Pembinaan UKS yang dilakukan  dari tim Pukesmas Ujung Karang.

Petugas Pukesmas  yang datang antara lain. Lega Randani, S.Kep, Ners, Desi Supriyanti A.Md.Keb, Rieke Wulan Sari S.Km, Desi Maharani.A.Md.Keb, Rafin Horizon.S.Km

Nyamuk Aedes Aegypti merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa Virus Dengue sehingga menjadi penyakit demam berdarah. Nyamuk ini suka berada di gantungan baju dan berkeliaran pada pukul 09.00 WIB.

Dengan adanya penyuluhan ini siswa dan guru lebih mengetahui bahaya DBD dan ikut bisa membantu melakujan PNS  melalui gerakan 3 M yakni menutup  menguras, dan mengubur.

Kegiatan penyuluhan ini dilakukan agar kita sejak dini sudah mengenal penyakit itu dan bisa menjaga kebersihannya.Pencegahan bukan hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa tetapi juga anak-anak.Disinilah pentingnya pemberikan informasi kepada anak -anak mengenai hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti.

Selain di rumah, jentik nyamuk juga bisa berkembangbiak di sekolah

"Salah satu alasan mengapa kegiatan ini dilakukan disekolah karena ternyata jentik ataupun nyamuk penyebab demam berdarah banyak berkembangbiak di lingkungan sekolah.Hal itu dikarenakan ada hari libur  di mana kurangnya kegiatan untuk membersihkan lingkungan sekolah sehingga ketika masuk sekolah kembali nyamuk sudah berkeliaran dan bisa mengigit" ujar Kepala MIN 5 Bengkulu Tengah. (Emi.G)

Bagikan :