Gandeng Pemda, Kemenag BU Laksanakan Manasik Haji Tingkat Kabupaten

Gandeng Pemda, Kemenag BU Laksanakan Manasik Haji Tingkat Kabupaten

Bengkulu (Inmas) - Sebanyak 202 Calon Jamaah Haji Kabupaten Bengkulu Utara mengikuti Manasik Haji tingkat Kabupaten yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, Rabu, (13/2).

Manasik haji yang diselenggarakan di Masjid Agung Arga Makmur tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata, SE serta turut dihadiri oleh Unsur FKPD dan OPD yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara.

Dalam sambutanya,  Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata,  SE meminta kepada seluruh CJH untuk mempersiapkan diri, baik mengenai kesehatan,   ilmu pengetahuan tentang pelaksanaan Ibadah Haji dan yang lebih penting persiapan ilmu ibadah.

“Jalankan ibadah dengan sepenuh hati dan penuh keikhlasan demi mengharapkan ridho dari sang pencipta dan ikuti kegiatan manasik dengan serius, karena ini bagian penting dalamberbagi informasi” Ungkap Arie

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, H. Bambang Pramana Putra, S.Pd yang juga selaku Kabag Kesra Setda Kab. Bengkulu Utara menjelaskan  bahwa pelaksanaan manasik haji akan dilakukan kembali, baik ditingkat Kabupaten maupun ditingkat kecamatan. Untuk tingkat Kabupaten akan dilaksanakan setiap hari Rabu di awal bulan yang akan dilaksanakan sebanyak 4 kali, sedangkan untuk tingkat kecamatan akan disesuaikan dengan jadwal dari masing-masing kecamatan.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan bahwa untuk pelaksanaan di masing-masing kecamatan akan dibagi mennjadi lima kelompok, meliputi Kecamatan Putri Hijau untuk Jamaah dari Napal Putih dan Putri Hijau sebanyak 28 orang, Kecamatan Ketahun untuk Jamaah Ketahun dan Batik Nau sebanyak 42 orang, Kecamatan Arga Makmur untuk jamaah kecamatan Arga Makmur dan Lais sebanyak 80 orang, Kecamatan Padang Jaya untuk jamaah kecamatan Padang Jaya dan Giri Mulya sebanyak 20 orang dan Lokasi Kecamatan Air Besi untuk Jamaah Air Besi, Air Napal dan Kerkap sebanyak 28 Orang.

“Kami harapkan kerjasama dari semua pihak untuk suksesnya pelaksanaan ibadah haji untuk wilayah Bengkulu Utara ini,  baik dari persiapan, keberangkatan maupun kepulanganya nanti” Tutur Bambang .

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, H. Heriansyah, S. Ag.,M.HI dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara atas bantuan dan kerjasamanya dalam menyelenggarakan manasik haji tingkat Kabupaten di tahun 2019 untuk yang pertama kalinya ini.

H. Heriansyah berharap kedepanya, dukungan dan kerjasma dari Pemerintah Daerah dan pihak pihak lainya dapat terus terjalin, sehingga pelaksanaan Ibadah haji untuk wilayah Kabupaten Bengkulu Utara bisa berjalan dengan lancar dan Sukses. (rb)

Bagikan :