Dibagi 4 gelombang,136 CJH BS Cek Kesehatan Tahap 1

Dibagi 4 gelombang,136 CJH BS Cek Kesehatan Tahap 1

Bengkulu Selatan (Inmas) Sebanyak 136 Calon Jamaah Haji (CJH) Bengkulu Selatan melakukan pemeriksaan Kesehatan Tahap 1. Kegiatan dipusatkan di Puskesmas Pasar Manna, CJH dibagi kedalam 4 kelompok yang akan secara bergiliran melakukan pemeriksaan Kesehatan selama 4 hari sesuai jadwal yang telah ditetapkan,mulai dari tanggal 11-14 Februari. 

Tahap 1 ini pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol, asam urat,pengukuran tinggi badan ,berat badan, lingkar perut dan pemeriksaan darah. Pemeriksaan Kesehatan CJH tahap awal ini merupakan kerjaama rutin antara Dinas Kesehatan Kabupaten,Kementerian Agama dan Puskesmas Pasar Manna pada setiap musim haji.

 Selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan H.Arsan S Ibrahim.M.HI berharap agar seluruh CJH yang telah terdaftar untuk pemberangkatan Haji tahun 2019 ini dapat mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap pertama, dengan harapan kondisi kesehatan CJH dapat terpantau sedari awal sehingga baik pihak Dinas Kesehatan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan dapat mengantisipasi kemungkinan yang berkaitan dengan kesehatan CJH, misalnya diteksi dini terhadap penyakit beresiko seperti TBC,Darah Tinggi (hipertensi) dan Diabetes.

 "Pemeriksaan kesehatan tahap 1 ini merupakan pemeriksaan tahap awal guna mendeteksi lebih awal kemungkinan penyakit beresiko tinggi yang diderita oleh CJH, sehingga kita dapat mengambil langkah cepat dan tepat guna memberikan penanganan yang tepat agar CJH siap untuk melaksanakan Ibadah Haji pada musim haji tahun ini" terang H.Arsan.

Kegiatan serupa juga akan dilakukan kembali pada tahap pemeriksaan Kesehatan Tahap 2 mendatang dengan didahului oleh Sosialisasi Kesehatan Haji oleh Dinas Kesehatan Kabupaten pada 19 Februari mendatang di Aula Dinas Kesehatan. (Dina)

Bagikan :