Dukung Kabupaten Mukomuko Catat Rekor MURI

Dukung Kabupaten Mukomuko Catat Rekor MURI

Mukomuko (Inmas), Rabu 30 Januari 2019, sebanyak 40 orang siswi MTsN 4 Mukomuko mengikuti latihan Seni Tari Gandai. Siswi yang di ikutkan dalam latihan adalah siswi kelas VII dan VIII. Kegiatan ini di latih oleh putra putri asli Malin Deman yang sudah mendapat tugas lansung dari pemerintah Kabupaten Mukomuko, yakni TIM yang di ketuai oleh Nikpauzi , lelo tama dan neli.  Sebagai  pemain gendang, Serunai, dan pelatih Tari gandai 3 orang.

Tempat latihan adalah lapangan Terbuka Desa Talang Arah yang di ikuti oleh 100 orang peserta yang mewakili Kecamatan Malin Deman dari 1000 peserta Sekabupaten Mukomuko. Kegiatan latihan ini dilaksanakan sore hari sekitar 16.00 WIB sampai dengan jam 17.30.

Kegiatan ini di laksanakan Berdasarkan surat Camat Kecamatan Malin Deman, nomor 005/08/kec.6/I/2019 tentang permohonan Izin peserta tari Gandai dari Sekolah/Madrasah. Kegiatan ini dalam Rangka hari Pers Nasional dengan Tema Kampung Sakti Rantau Batuah di Kabupaten Mukomuko, dengan agenda kegiatan antara lain melaksanakan tari gandai terbesar dengan peserta 1000 orang penari gandai untuk mendapatkan pencatatan Rekor Muri.

Peserta tari Gandai tersebut berasal dari kecamatan Se-Kabupaten Mukomuko. Camat Malin Deman  Suhapri, SH menyampaikan bahwa Khusus Kecamatan Malin Deman di beri kuota 100 orang. Kegiatan di laksanakan di Mukomuko pada tanggal 15 Maret 2019. Peserta tersebut  berasal dari siswa siswi yang ada di Kecamatan Malin Deman. “Untuk itu mohon dukungan Kepala Sekolah dan Madrasah agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Untuk masalah biaya, transportasi dan akomondasi semuanya di tanggung oleh Pemerintah Kabupaten Mukomuko” Paparnya

Sementara itu, Kepala MTsN 4 Mukomuko Mashuri, S.Ag, M.TPd menyatakan Bahwa untuk menambah kecakapan,keterampilan dan pengetahuan siswi MTsN 4 Mukomuko terhadap seni budaya Daerah, memberi peluang dan kesempatan kepada siswi untuk ikut latihan Seni Tari Gandai tersebut. “selagi jadwal latihan tidak mengganggu Proses KBM Siswi. Masalah keberangkatan sepenuhnya kami serahkan kepada siswi tersebut jika nanti terpilih sebagai peserta tetap yang akan di ikutkan ke tingkat Kabupaten Mukomuko. Karena tidak semua siswi memiliki kemampuan fisik untuk melaksanakan perjalanan jauh. Kami do’akan semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses sesuai dengan yang di harapkan.” Jelas Mashuri selaku Kepala Kepala Madrasah. (Tisna).

 

Bagikan :