Teknisi MTsN 6 MM Persiapkan Simulasi UAMBN-BK

Teknisi MTsN 6 MM Persiapkan Simulasi UAMBN-BK

Mukomuko (Inmas), Pada tahun ajaran 2018/2019 Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dianjurkan untuk menggunakan sistem berbasis komputer yang lebih akrab dengan sebutan UAMBN-BK, termasuk tingkat MTs.

Dalam rangka menghadapi UAMBN-BK tersebut maka perlu diadakannya simulasi pada 21 Januari 2019. Teknisi MTsN 6 Mukomuko Mustopa melakukan persiapan beberapa kebutuhan untuk kegiatan tersebut, diantaranya pengaturan atau penyetingan komputer server dan komputer client. Menurut Mustopa, yang harus disetting di komputer server adalah instalasi virtual box dan VHD, sedangkan  di komputer client adalah pengaturan IP adress, menon-aktifkan firewall, dan instal aplikasi examsister yang digunakan untuk login peserta ujian.

Penyetingan komputer client ini dilaksanakan pada, Senin,(12/1/2019), mulai pukul 08.00 WIB dan selesai pada pukul 14.30 WIB dengan menyeting sebanyak 21 laptop client yang dikerjakan oleh Mustopa selaku teknisi dibantu oleh Irma.

“Dalam penyetingan komputer client ini tentunya tidak langsung sukses  bisa terkoneksi dengan server, banyak hal yang membuat gagal koneksi, namun berkat kerjasama dan komunikasi yang baik dengan beberapa teknisi dan Help Desk Kabupaten, semua kendala-kendala tersebut alhamdulilah bisa diatasi,” jelas Mustopa.

Setelah proses setting server dan client selesai, proktor akan melakukan sinkronisasi yang dijadwalkan pada tanggal 19 Januari 2019, sekaligus pada hari itu juga akan disiapkan tempat untuk pelaksanaan simulasi tersebut

Selain persiapan tersebut, Sekretaris Simulasi UAMBN-BK, Irma Sulistiana sudah menyiapkan beberapa berkas yang dibutuhkan untuk simulasi, diantaranya Kartu Peserta yang didalamnya tertera user dan password untuk login pada aplikasi simulasi UAMBN-BK.

“Berkas sudah siap, tinggal kita laksanakan simulasi pada hari Senin, 21 Januari 2019,” ungkapnya. (Irma).

 

Bagikan :