Guru MIN 1 RL Giatkan Kembali Mathematic Club

Guru MIN 1 RL Giatkan Kembali Mathematic Club

Rejang Lebong (Inmas) --- Dalam rangka mempersiapkan bekal untuk menghadapi seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2019 Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong (RL) Randi Sefto Fanedi, S.Pd mengiatkan kembali kegiatan Mathematic Club.

Kegiatan mathematic club merupakan sebuah forum belajar kelompok  yang beranggotakan 4 s/d 5 siswa yang belajar baik secara mandiri maupun dibimbing guru guna membahas soal-soal matematika secara rutin pada jam istirahat atau waktu luang seperti halnya hari ini, selasa (15/01).

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang mana kegiatan mathematic club lebih fokus ke persiapan Ujian Nasional (UN) pada mathematic club kali ini lebih difokuskan untuk membimbing siswa dalam menyiapkan diri guna menghadapi seleksi KSM tahun 2019.

“Setelah mendapat mandat dari Kepala MIN 1 RL, Wawan Herianto, S.Pd.,MM untuk membimbing siswa dalam mengadapi seleksi KSM tahun ini, maka dari jauh hari kita persiapkan anak didik untuk belajar dan berlatih  dengan giat dalam mathematic club guna menghadapi seleksi KSM”. Pungkas Randi.

Mathematic Club adalah forum belajar siswa yang membahas soal-soal  matematika serta cara penyelesaiannya guna menjadi bekal dan sarana belajar tambahan siswa selain belajar pada jam sekolah dan les (pelajaran tambahan). Kegiatan ini cukup berhasil hal ini terbukti pada pelaksanaan tahun sebelumnya dimana mathematic club yang sejak awal difokus untuk membantu siswa dalam mengadapi UN tahun 2018 mendapat hasil yang cukup memuaskan nilai ujian MM siswa sudah mencapai hasil target dan membanggakan.

Lebih lanjut Randi guru honorer MIN 1 RL yang saat ini sedang berjuang di tes CPNS Kemenag mengatakan, “Setiap hari siswa secara berkelompok diberikan 2 atau 3 soal dan mereka pada waktu istirahat akan membahas secara kolektif apabila ada hal yang belum dimengerti maka guru akan mendampingi dan memberikan petunjuk dan biasanya siswa mengerjakannya di kelas atau di bawah pohon dekat halaman madrasah”.

Hafizah salah seorang siswi kelas 5A yang mengikuti mathematic club mengatakan, “Dengan diadakannya mathematic club kami menjadi lebih rajin belajar bersama membahas soal-soal matematika serta penyelesaiannya, setiap hari kami membahas 2 sampai 3 soal biasanya guru akan memberikan reward setiap minggunya untuk kami yang rajin mengerjakan soal yang diberikan dan semoga dengan rajin berlatih”.

Dengan kembali digaitkannya kegiatan mathematic club dalam upaya persiapan untuk menghadapi seleksi KSM tahun 2019 diharapkan siswa/i dapat lebih menyiapkan diri dan mentalnya dalam bertanding nanti serta dapat meraih juara dalam seleksi KSM di tinggkat Kabupaten bahkan dapat mewakili propinsi Bengkulu di tinggkat nasional bersaing dengan propinsi lainnya. (Randi)

Bagikan :