MIN 5 Bengkulu Tengah Ikuti Sosialisasi Sekolah Sehat

MIN 5 Bengkulu Tengah Ikuti Sosialisasi Sekolah Sehat

Bengkulu Tengah (Inmas)- Kepala MIN 5 Bengkulu Tengah Lestari Sri Rejeki.S.Pd.S.Sos.I Menghadiri Sosialisasi Model Sekolah Sehat  yang diadadakan di Hotel Puncak TahuhaKabuapten Bengkulu Tengah.

    Yang menjadi narasumber  pada kegiatan ini adalah dari Diknas Benteng, Kementerian Kesehatan Benteng, Kemenag Benteng dan Kesra Provinsi Bengkulu

    “Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini sedang mengembangkan Gerakan Sekolah Sehat,Aman,Ramah Anak dan Menyenangkan.Sesungguhnya ini bukanlah hal yang baru dalam dunia pendidikan karena beberapa sekolah sudah melaksanakan gerakan ini baik secara parsial maupun komprehensif dalam aktivitas kesehariannya”.

    Pengertian Sekolah Sehat adalah Sekolah yang berhasil membantu siswa untuk berprestasi secara maksimal dengan mengedepankan aspek kesehatan yakni bersih, hijau, indah dan rindang.

    Dalam mewujudkan Sekolah Sehat tidaklah bisa terlepas dari konsep Trias UKS  yaitu tiga program pokok dalam pembinaan dan pengembangan UKS  yang meliputi Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan  Pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah   Sehat  yang terjabarkan  dalam Standar - Standar sebagai berikut Memiliki lingkungan sekolah bersih,  indah , tertib , rindang dan memiliki penghijauan yg memadai Memiliki tempat pembuangan  sampah dan pengelolahan sampah  yang memadai dan representatif.

    Kemudian memiliki air bersih yang memadai  dan memenuhi syarat kesehatan, Memiliki kantin yang bersih serta menyediakan menu bergizi  seimbang., Memiliki saluran pembuangan air  tertutup dan tidak menimbulkan bau tidak sedap, Memiliki ruang kelas yg memenuhi syarat kesehatan ( ventilasi dan pencahayaan yang cukup), Memiliki sarana dan prasarana pembelajaran memenuhi standar kesehatan, kenyamanan dan     keamanan, Memiliki ruang dan peralatan UKS yang ideal, Memiliki toilet/ WC dengan rasio  siswa 1:40, Memiliki taman /kebun sekolah dan Memiliki pola hidup bersih, higenis dan sehat. (JJ)

Bagikan :