Kemenag Bengkulu Evaluasi Pelaksanaan Binwin

Kemenag Bengkulu Evaluasi Pelaksanaan Binwin

Bengkulu (Inmas)- Kanwil Kementerian Agama Bengkulu melalui Bidang Urais dan Binsyar melakukan evaluasi menyeluruh terkait pelaksanaan bimbingan perkawinan (Binwin) Kemenag Kabupaten/kota di Hotel Nala Sea Side Kota Bengkulu, Rabu (28/11).

    "Program Binwin merupakan program nasional yang harus dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kualitas keluarga dan menekan angka perceraian di Provisi Bengkulu," kata Kepala Bidang Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Bengkulu, Drs.H.Ramedlon,M.Pd.

    Menurut Ramedlon Evaluasi dilakukan pada dua hal yaitu pemanfaatan anggaran dan output yang dihasilkan dari pelaksanaan Binwin. "Alhamdulilah berdasarkan laporan anggaran telah terserap karena seluruh  Kemenag Kabupaten/kota telah melaksanaan binwin," tambahnya.

    Namun, hal lainya yang sangat penting dari evaluasi ini menurut Ramedlon adalah dampaknya, karena Binwin yang dilaksanakan harus memberikan pemahanan terkait bagaimana membangun landasan keluarga sakinah, merencanakan perkawinan yang kokoh menuju keluarga sakinah.

    Kemudian bagaimana dinamika perkawinan, kebutuhan keluarga, kesehatan keluarga, membangun generasi yang berkualitas, ketahanan keluarga dalam menghadapi tantangan kekinian dan terakhir mengenali dan menggunakan hukum untuk melindungi perkawinan keluarga.

    Itulah hal mendasar yang dapat menopang terwujudnya keluarga sakinah yang menjadi tujuan program. Sehingga Kemenag memandang perlu dilakukan evaluasi menyeluruh terkait pelaksaan yang telah berjalan guna dijadikan rujukan untuk program selanjutnya.

    Dalam evaluasi yang digelar selama 2 Hari tersebut dihadiri oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kabupaten/kota, pengelola anggaran PNBP serta ASN pada Kantor Urusan Agama Kecamatan. (jj)

Bagikan :