Madrasah Lebong Siap Bangun Dunia Pendidikan Makin Berkualitas melalui KKGMI

Madrasah Lebong Siap Bangun Dunia Pendidikan Makin Berkualitas melalui KKGMI

Lebong (Inmas), Dalam rangka membangun mutu pendidikan Madrasah agar lebih berkualitas terutama dalam memfasilitasi meningkatkan dan mengembangkan kompetensi Guru pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKGMI) Kabupaten Lebong menggelar workshop KKGMI selama Lima hari terhitung sejak tanggal 17 sampai dengan 21 November 2018 bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Lebong Tambang.

Dalam Agenda hari Pertama pelaksanaan Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Kanwil kementerian Agama Provinsi Bengkulu melalui Kepala Bidang Pendidikan Madrasah-Junni Muslimin yang didampingi oleh anggota Tim dan Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Lebong- Harta sekaligus menyampaikan materi tentang Kompetensi Guru Madrasah yang meliputi kompetensi Kepribadian, Pedagogik, Profesional dan Sosial.

Selanjutnya Tim Teknis dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu dalam hal ini diwakili oleh Bambang yang memperkenalkan Aplikasi Raport Digital bagi siswa madrasah dengan harapan di semester I tahun ajaran 2018/2019 ini mampu terlaksana 90% penerapannya.

Diwaktu dan tempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama melalui Kepala Seksi Pendidikan Islam-Harta mengungkapkan bahwa kegiatan KKGMI ini merupakan jembatan ilmu bagi 30 orang guru madrasah tingkat ibtidaiyah sebagai peserta untuk menjadi lebih berkualitas, karena dalam pelaksanaan Lima hari ini nantinya guru akan dibelaki dengan wawasan keilmuan tentang bagainmana teknis Penilaian Kinerja (PK) guru, pembuatan soal mata pelajaran yang terintegrasi dengan ilmu agama, serta mengakrabkan guru dengan aplikasi Simpatika maupun EMIS agar lebih menguasai dalam mengaplikasikannya.

Lebih lanjut Harta mengatakan bahwa di akhir workshop ini nantinya, guru diwajibkan untuk membuat semacam Rencana Tindak lanjut (RTL) sebagai bentuk Output dan umpan balik guru dalam meyerap ilmu selama mengikuti Kegiatan KKGMI ini. (Malvinas RNBS)

Bagikan :