MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah Kembali Boyong Piala Nasional

MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah Kembali Boyong Piala Nasional

Bengkulu Tengaj (Inmas) --- Setelah beberapa waktu lalu MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah meraih dua piala perunggu dalam ajang KSM Nasional dan medali perunggu MYRES Nasional, Sabtu lalu madrasah ini kembali meraih prestasi di tingkat nasional. Siswa yang terdiri dari Mutiara Dhane, Revvoh Yunadi Alberts, dan Dandi Padir Muarif berhasil meraih juara 2 tingkat nasional dalam ajang ESC (Economic Smart Challenge). Kegiatan yang diselenggarakan President University, salah satu universitas swasta yang memiliki rating cukup tinggi di Indonesia, merupakan sebuah kompetisi ekonomi antarsiswa SMA sederajat se-Indonesia. Kegiatan ini menekankan sejauh mana wawasan siswa SMA tentang ilmu manajemen.

Kompetisi ini diikuti lebih kurang 50 tim dari berbagai daerah di Indonesia. Namun yang diundang final hanya 5 tim finalis saja. Tes online merupakan tahap pertama dalam kompetisi ini yang dilaksanakan pada 10-12 Oktober 2018. Kompetisi ini selain menuntut wawasan siswa mengenai manajemen juga menuntut kemahiran siswa dalam menggunakan bahasa Inggris. Tes online ini sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris.

Usai melewati tahap penyisihan tim Tesu-O MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah berhasil terpilih menjadi salah satu finalis dan diundang mengikuti grand final di President University pada 16-17 November 2018 lalu. Tahap grand final ini bertujuan untuk menciptakan siswa yang berwawasan luas, mampu berpikir kritis, serta berjiwa manajemen. Grand final ini terdiri dari debat, tes tertulis, studi kasus, dan presentasi.

Setelah melalui tahapan grand final, Awarding Night yang berlangsung pada Sabtu 17 November 2018 di Aula Hotel Ibis Style Cikarang, maka tim dari MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah berhasil meraih juara 2. Selain memperoleh hadiah berupa piagam, sertifikat, uang pembinaan senilai 2 juta rupiah, serta hadiah tambahan dari Tupperware, mereka juga mendapat hadiah berupa beasiswa 75% senilai Rp 240.000.000.

“Bangga luar biasa atas prestasi anak-anak kami ini. Meskipun kami (MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah) baru berdiri selama 2 tahun namun prestasi anak-anak kami sangat luar biasa. Mereka tak hanya berhasil meraih juara-juara di tingkat provinsi semata. Juara-juara tingkat nasional pun bertubi-tubi kami peroleh. Kami telah mengantongi piala juara 3 nasional Olimpiade Bahasa Indonesia, medali perunggu tingkat nasional bidang Kimia, medali perunggu tingkat nasional bidang Ekonomi, medali perunggu tingkat nasional LKTI, juara 1 nasional lomba musikalisasi puisi, dan sebagainya serta mengikuti kegiatan-kegiatan pelajar internasional. Mereka berhasil membuktikan bahwa madrasah yang baru berdiri selama 2 tahun ini tak kalah saing dengan sekolah atau madrasah lain yang lebih senior.”, ujar Kepala MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah, Bapak Imam Ghozali, M.Pd.(Cici)

Bagikan :