MAN 1 Mukomuko Peringati Hari Pahlawan Ke-73

MAN 1 Mukomuko Peringati  Hari Pahlawan Ke-73

Mukomuko (Inmas), MAN 1 Mukomuko peringati Hari Pahlawan Nasional Ke-73 bersama sejumlah instansi yaitu Polres Ipuh, Koramil Ipuh, Camat Ipuh, MTsN 1 Mukomuko, dan SDIT Hidayatullah, Sabtu (10/11).

Selain dihadiri oleh intansi tersebut di atas, peringatan itu juga dihadiri oleh sejumlah pengawas yang berada diwilah Kec. Ipuh. Adapun yang bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala Kantor Kecamatan Ipuh Suwarto. Mengawali amanatnya, Suwarto menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh peserta upacara telah bersedia hadir melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan Ke-73.

"Upacara peringatan hari Pahlawan Nasional merupakan wujud terimakasih dan penghormatan kita kepada para pahlawan. Upacara ini, hanyalah sebagian kecil dari penghormatan yang seharusnya kita lakukan terhadap para pahlawan, bagian yang besarnya adalah memelihara kemerdekaan, persatuan dan kesatuan Republik Indonesia," tutur Suwarto.

"Sejarah mencatat sekitar 1600 lebih rakyat Surabaya yang gugur pada saat itu. Mereka menggunakan bambu runcing melawan penjajah yang bersenjatakan meriam. Secara logika sulit untuk menang dalam kondisi itu, tetapi dengan perjuangan keras dan dengan rahmat Allah kita bias menang. Itulah sebabnya, mengapa di dalam pancasila ataupun pembukaan UUD 1945 ada kalimat atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa," tambahnya.

Selain menghimbau untuk menghormati jasa para pahlawan, Suwarto juga mengutip pernyataan yang disampaikan oleh Presiden Pertama RI Ir. Sukarno bahwa "bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya".

Siswa MAN 1 Mukomuko atas nama Salamah yang turut hadir memperingati Hari Pahlawan Ke-73 mendapat hadiah uang sebesar Rp. 100.000,- dari Kepala Kantor Kecamatan Ipuh setelah berhasil menyebutkan beberapa nama pahlawan. *(J88)

 

Bagikan :