Dewan Guru MIN 1 RL Ikuti Pelatihan Pembuatan Soal Ujian Berbasis Kurikulum K13

Dewan Guru MIN 1 RL Ikuti Pelatihan Pembuatan  Soal Ujian Berbasis Kurikulum K13

Rejang Lebong (Inmas) --- Dewan Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong (RL) Mengikuti pelatihan pembuatan soal ujian semester ganjil berbasis Kurikulum K13.

Pelatihan pembuatan dan penyusunan soal ujian semester ganjil yang berbasis Kurikulum K13 diadakan dalam kegiatan Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKGMI) di MIS GUPPI 13 Tasik Malaya yang  dipandu tutor Marzon Efendi, S.Pd.I serta diikuti seluruh dewan guru MI se.Kab. RL pada kamis, (01/11).

Pada kesempatan tersebut Ketua KKKMI RL Yuhmir, M.Pd.I Mengatakan “Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dewan guru dalam membuat dan menyusun soal-soal ujian berbasis Kurikulum K13, karena terdapat beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan soal ujian sebelumnya yang berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)”.

Guru MIN 1 RL yang mengikuti kegiatan ini Hilda Kurniati, S.Pd. yang juga merupakan Waka Kurikulum MIN 1 RL mengungkapkan “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sangat positif dan banyak manfaatnya bagi dewan guru ketika akan melakukan pembuatan dan penyusunan soal ujian yang berbasis Kurikulum K13”.

Pelatihan pembuatan soal ujian berbasis kurikulum K13 yang diikuti seluruh dewan guru MI berlangsung secara kondusif, tampak seluruh dewan guru dengan semangat mendengarkan materi yang disampaikan tutor Marzon Efendi.

Dalam penjelasannya Marzon Efendi menerangkan bahwa,”Pada dasarnya soal-soal yang diujikan dalam ujian nanti harus sesuai dengan apa yang dipelajari siswa serta dalam soal tersebut dapat menjadi tolak ukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang telah disampaikan, jangan sampai terjadi soal yang dibuat tidak sesuai dengan tujuan dari awal penilaian”.

Lebih lanjut Marzon menambahkan, “Dalam menentukan tujuan penilaian tersebut harus memperhatikan kepada standar kompetensi, penentuan kompetansi dasar, serta kisi-kisi yang dibuat harus mewakili  isi kurikulum yang komponennya rinci, jelas dan mudah dipahami”.

Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada dewan guru baik yang terlibat langsung dalam pembuatan soal maupun yang tidak tentang tata cara pembuatan dan penyusunan soal ujian berbasis Kurikulum K13 agar nantinya pembuatan soal dapat selesai dengan efektif dan efesien demi mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan khususnya di MI yang ada di Kab. Rejang Lebong.  (Randi)

Bagikan :
Lihat Lainya dalam Kategori : Pendidikan Madrasah
Alamat Kantor
  • Kementerian Agama
  • Kantor Wilayah Bengkulu
  • Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 10 Bengkulu 38221
  • Telp. (0736) 21097 21597 344602 28123
  • Fax. (0736) 21597
  • http://bengkulu.kemenag.go.id
  • Email: kanwilbengkulu@kemenag.go.id
Facebook Pages
Twitter