MAN 1 Mukomuko Tingkatkan Kedisiplinan

MAN 1 Mukomuko Tingkatkan Kedisiplinan

Mukomuko (Inmas), Tingkatkan disiplin siswa MAN 1 Mukomuko terapkan sanksi bagi siswa yang terlambat ke madrasah. Sanksi yang diberikan berbeda dari biasanya. Jika biasanya siswa yang terlambat diberikan sanksi fisik berupa push up atau lari, sanksi itu tidak diterapkan lagi.

Kini sanksi yang diterapkan oleh MAN 1 Mukomuko bagi siswa yang melakukan pelanggaran peraturan madrasah dikenakan hukuman yang lebih mendidik sekaligus berpahala. Hukum yang diberikan kepada siswa pelanggar peraturan atau kedisiplinan di angtaranya adalah hukuman membaca dan menghafal Al-Qur'an dan Hadis.

Perubahan pemberian sanksi ini merupakan bagian dari pendidikan karakter yang berwawasan Islam yang diterapkan MAN 1 Mukomuko. Penerapan sanksi baca Al-Quran dan Hadis itu sejalan dengan pelaksanaan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) yang sudah dijalankan MAN 1 Mukomuko beberapa tahun terakhir.

"Sejauh ini, penerapan sanksi baca dan hafal Qur'an serta Hadis memberikan dampak yang cukup positif. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa siswa yang sebelumnya hanya menghafal 10 surah kini hafalannya bertambah menjadi 15 surah," tutur Kepala MAN 1 Mukomuko Nursyamsiah.

"Selain itu, siswa yang sebelumnya jarang mau menghafal hadis, kini sudah menghafal beberapa hadis. Kita yakin penerapan sanksi yang sifatnya Islami ini dapat memberikan dampak positif terhadap karakter siswa khususnya peningkatan hafalan Al-qur'an dan Hadis," tambahnya. *(J88)

Bagikan :