Peringatan Hari Santri di Kabupaten Mukomuko Meriah

Peringatan Hari Santri di Kabupaten Mukomuko Meriah

Mukomuko (Inmas), Senin 22 Oktober 2018, para Kyai pimpinan Pondok Pesantren, Ustadz/ Ustadzah, Seluruh Santriwan/ Santriwati se-Kabupaten Mukomuko dan ASN di lingkungan Kementerian Agama Kab. Mukomuko serta Guru Pendidikan Agama Islam mengikuti Upacara Hari Santri.

Peringatan Hari Santri ini dipusatkan di Pondok Pesantren An-Nakhil (Raudhatunnajah 6) desa Sumber Rejo Nenggalo Kecamatan Tramang Jaya Kab. Mukomuko.  Kegiatan ini dikoordinir langsung oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Mukomuko Khususnya Seksi Pendidikan Agama dan keagamaan Islam (PAKIS).

Dalam Kegiatan upacara tersebut bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko Drs, H,Ajamalus,MH sedangkan petugas upacaranya adalah para santri ponpes An-Nakhil Raudhatunnajah 6. Seluruh rangkaian kegiatan upacara berjalan dengan lancar.

Kepala Kemenag Kab. Mukomuko Ajamalus dalam amanatnya menyampaikan bahwa momentum Hari Santri ini perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguat paham kebangsaan yang bersintesis dengan keagamaan.

Beliau juga menghimbau agar seluruh Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Mukomuko supaya bersatu dan semangat membimbing para santri untuk mendalami ilmu-ilmu agama yang tidak ditemukan pada sekolah Umum seperti ilmu Nahu, sharap, Mantik danan ilmu-ilmu alat lainnya.

Kemudian beliau juga menghibau agar setiap pondok mempunyai ciri khas tersendiri  dan para Kyai  dan Ustadz/Ustadzah mampu menciptakan salah satu keunggulan khusus yang bisa diikutkan lomba ketingkat Nasional dan yang tidak kalah penting para orang tua jangan ragu memasukkan anak-anaknya masuk ke Pesantren karena dipesantren anak-anak akan mendapat tambahan ilmu agama yang mendalam.

Setelah kegiatan upacara dilajutkan dengan penyerahan tropi kepada para pemenang lomba yang telah dilaksanakan pada kegiatan Kemah Santri pada tgl 21-23 September 2018.

Sebagai juara umum Ponpess Daru Amal mendapatkan piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala Kemenag Kab. Mukomuko.  Kemudian acara dilanjutkan Zikir dan Doa bersama dalam menjaga Keselamatan Bangsa dan Negara yang dipimpin langsung oleh Kyai Miftahul Arif Pimpinan Pondok Pesantren Agribisnis Raudhatunnajah Teramang Jaya. (Tri)

Bagikan :