Bustasar : Disiplin Modal Awal Reformasi Birokrasi

Bustasar : Disiplin Modal Awal Reformasi Birokrasi

Bengkulu (Inmas), Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Bustasar MS mengatakan disiplin merupakan modal awal institusi dalam melaksanakan reformasi birokrasi. Hal tersebut beliau sampaikan saat mengisi materi dalam kegiatan Sosialisasi Keortalaan di Hotel Nala Sea Side Kota Bengkulu, Selasa (23/10).

“Disiplin merupakan modal awal melaksanakan reformasi birokrasi khususnya melakukan pembaharuan menyangkut sumber daya manusia aparatur agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugas pemerintahan,” terang Bustasar.

Lebih lanjut Bustasar berharap peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi dapat menindaklanjuti informasi-informasi yang diberikan oleh pemateri dari Biro Ortala Kemenag RI di satkernya masing-masing. “Khusus informasi yang disampaikan Kabag Fasilitasi dan Pelaporan Biro Ortala Kemenag RI mengenai delapan area perubahan reformasi birokrasi saya harapkan dapat segera ditindaklanjuti di satker saudara masing-masing,” harap Bustasar.

Sebelumnya Kabag Fasilitasi Reformasi dan Pelaporan Biro Ortala Kemenag RI Kartika Darmawanti dalam materinya menyampaikan reformasi birokrasi hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan, ketatalaksanaan (business process) dan sumber daya manusia aparatur.  

 “Reformasi biroksi erat kaitannya dengan inovasi terhadap pelayanan yang kita berikan ke masyarakat, kita harus meningkatkan kualitas sistem pelayanan dengan kata lain perlu adanya standarisasi khususnya di satker-satker yang bersentuhan langsung ke masyarakat seperti KUA dan Pelayanan Pendaftaran Haji,” ujar Tika.

“Ada delapan area perubahan reformasi birokrasi yang perlu kita bentuk kelompok kerjanya sesuai dengan petunjuk dari MenPAn RB, area perubahan yang perlu kita bentuk diantaranya perubahan di area manajemen, pelayanan publik, SDM, pengawasan dan akuntabilitas,” terang Tika.

Tika juga menyampaikan khusus untuk area perubahan SDM diperlukan pembinaan internal ke ASN sehingga nanti ada perubahan paradigma, mindset dan culturset ke arah yang lebih baik, kedepan para ASN di Kementerian Agama tidak hanya memahami tugasnya tetapi juga memahami apakah output yang dihasilkannya sesuai dengan visi dan misi Kementerian Agama.

Kegiatan Sosialisasi Keortalaan tahun 2018 ini diselenggarakan oleh Biro Ortala Kemenag RI bekerja sama dengan Sub Bag Ortala dan Kepegawaian Kanwil Kemenag Prov. Bengkulu. Kegiatan ini diadakan selama empat hari dari tanggal 22 sampai dengan 25 Oktober 2018 sedangkan peserta berjumlah 35 orang yang merupakan utusan satker dari Kab./Kota di Provinsi Bengkulu. (haf)

Bagikan :
Lihat Lainya dalam Kategori : Ortala dan Kepegawaian
Alamat Kantor
  • Kementerian Agama
  • Kantor Wilayah Bengkulu
  • Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 10 Bengkulu 38221
  • Telp. (0736) 21097 21597 344602 28123
  • Fax. (0736) 21597
  • http://bengkulu.kemenag.go.id
  • Email: kanwilbengkulu@kemenag.go.id
Facebook Pages
Twitter