Peduli Lingkungan, Guru MIS 04 Ajarkan Siswa Cara Bercocok Tanam

Kepahiang (Inmas) Menanamkan rasa cinta kepada lingkungan bagi anak usia dini bisa dimulai dari hal yang kecil, salah satunya dengan menanam, baik itu menanam pohon, tumbuh-tumbuhan berkhasiat termasuk menanam tanaman jenis Holtikultura.

Demikianlah hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) 04 Wawan Noorcatur Putra, S.Pd  pada saat memantau kegiatan siswa-siwi yaitu program menanam tanaman jenis Holtikultura dihalaman Madrasah, Senin (08/10)

Menurut Wawan Noorcatur Kondisi lingkungan yang kondusif, sejuk, indah sangat dibutuhkan agar kegiatan proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik.

“Penghijauan adalah salah satu metode dalam mewujudkan Madrasah yang Indah, Sejuk dan nyaman, oleh karena itu kita akan manfaatkan lahan yang ada, disamping mengajarakan kepada peserta didik akan pentingnya penghijauan pihak Mdrasah juga berusaha memberikan pemahaman kepada siswa akan pentingnya merawat lingkungan yang sehat” ungkap Wawan

Disamping itu juga lanjut Wawan, ada banyak sekali manfaat dari menanam diantaranya mengajarkan kepada mereka tentang kepedulian terhadap lingkungan, hingga melatih kesehatan fisik dan mental anak sejak dini.

“Dengan mengajak anak sedini mungkin untuk menanam hal tersebut akan meningkatkan hubungan atau kepekeaan mereka terhadap lingkungan karena apa yang mereka tanam akan berdampak pada pentingnya untuk merawat, serta memperhatikan pertumbuhan tanaman tersebut.” Jelas Wawan

Wawan juga mengungkapakn bahwa dengan melatih menanam mereka (Siswa) dapat melihat semua mahkluk hidup di bumi memiliki peran dalam ekosistem. Semuanya saling berhubungan, sehingga anak dapat paham akan siklus kehidupan. Tutupnya. (Bobi)

Bagikan :