111 Satker Kemenag Provinsi Bengkulu Serahkan Usulan Rencana Program dan Anggaran

111 Satker Kemenag Provinsi Bengkulu Serahkan Usulan Rencana Program dan Anggaran

Bengkulu (Inmas), sebanyak 111 satuan kerja (satker) Kementerian Agama Provinsi Bengkulu menyerahkan berkas usulan rencana program dan anggaran untuk alokasi anggaran tahun 2019, Jumat (05/10). 111 satker tersebut terdiri dari program Sekjend, Bimas Islam dan PHU masing-masing sebanyak 11 satker, Program Bimas Katolik, Kristen, Budha dan Hindu masing-masing sebanyak  5 satker, terakhir program Pendidikan Islam sebanyak 58 satker.

Penyerahan berkas usulan tersebut menandai berakhirnya kegiatan penyusunan usulan rencana program dan anggaran pagu alokasi anggaran tahun 2019 yang dimulai sejak Selasa (02/10). Kegiatan ini secara resmi ditutup oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Bustasar MS.

Sebelum ditutup secara resmi oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Kasubbag Keuangan dan Perencanaan M. Sholeh menjelaskan beberapa hal menyangkut kegiatan yang telah dilaksanakan. pertama Sholeh menjelaskan kegiatan ini diikuti sebanyak 100 peserta dan pada hari kedua pelaksanaan kegiatan telah hadir Kepala Biro Perencanaan Setjend Kemenag RI Ali Rokhmad menjadi narasumber dan juga hadir narasumber dari Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan.

“Untuk materi yang diisi oleh kedua narasumber ini juga dihadiri oleh para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) satker-satker Kemenag se-Provinsi Bengkulu,” ujar Sholeh.

“Belanja operasional tahun 2019 diperkirakan mengalami kenaikan, juga untuk program Pendidikan Islam khususnya  belanja modal akan kita prioritaskan kepada MAN 1 Mukomuko untuk pengadaan pelapis tebing karena ada bencana longsor yang dikhawatirkan jika tidak ditanggulangi akan mengganggu KBM di MAN 1 Mukomuko, prioritas selanjutnya ke MTsN Lais Bengkulu Utara yang mengalami musibah kebakaran terakhir pengadaan pembangunan pagar MAN Manna yang telah jebol,” lapor M. Sholeh kepada Kakanwil Kemenag Prov. Bengkulu.

Sholeh juga mengatakan Karo Perencanaan Sekjend Kemenag RI memberikan apresiasi dan berharap dapat bertemu pada penyusunan pagu definitif yang diperkirakan akan dimulai pada tanggal 15 Oktober mendatang. “Kita berharap usulan yang telah disampaikan oleh masing-masing satker bukan hasil copy paste dari perencanaan tahun-tahun sebelumnya tapi merupakan kebutuhan riil dan relevan satker-satker yang ada,” tambah Sholeh.

Selanjutnya Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Bustasar menyampaikan apresiasinya kepada peserta yang sampai dengan penutupan masih berada di lokasi kegiatan. “Semoga kegiatan ini menjadi awal untuk meningkatkan kinerja kita di tahun 2019, saya juga mengapresiasi para operator atas keseriusannya dan kesungguhannya mengikuti kegiatan ini,” ujar Bustasar.

Disamping itu Bustasar juga berharap kekurangan-kekurangan dalam menyusun usulan program dan anggaran dapat diperbaiki. “Kita masih memiliki kelemahan dalam memahami tugas fungsi masing-masing, juga dalam penyusunan rencana program dan anggaran kita masih belum dapat menyajikan data konkrit untuk mendukung usulan tersebut, baik masalah data Kepegawaian, data kebutuhan Madrasah dan data kebutuhan pada KUA,” papar Bustasar.

“Saya berharap kedepannya para pimpinan satker dapat bekerja dengan optimal, khusus kepada Kepala Madrasah dapat membuat daftar kebutuhan bukan hanya kebutuhan fisik tetapi semua kebutuhan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas madrasah apakah itu kebutuhan untuk sarana CBT, tenaga pendidik atau yang lainnya, sehingga kebutuhan untuk meningkatkan kualitas akademik madrasah dapat termaktub dalam rencana strategis setiap madrasah,” lanjut Bustasar.

Terakhir Bustasar juga mengatakan agar koordinasi perencanaan jangan terputus dari struktur birokrasi Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu. “Jangan menggunakan komunikasi pola lama atau antar person, harus ada komunikasi antar unit, para KPA satker harus berkoordinasi dengan bidang teknis bersangkutan,” tutup Bustasar. (haf)

Bagikan :
Lihat Lainya dalam Kategori : Perencanaan dan Keuangan
Alamat Kantor
  • Kementerian Agama
  • Kantor Wilayah Bengkulu
  • Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 10 Bengkulu 38221
  • Telp. (0736) 21097 21597 344602 28123
  • Fax. (0736) 21597
  • http://bengkulu.kemenag.go.id
  • Email: kanwilbengkulu@kemenag.go.id
Facebook Pages
Twitter