Siswi MAN 1 Mukomuko Permantap Tari Gandai Melalui Latihan Rutin

Siswi MAN 1 Mukomuko Permantap Tari Gandai Melalui Latihan Rutin

Ipuh---Dipercaya sebagai salah satu Madrasah untuk mengisi pertunjukan kreasi seni dengan jenis pentunjukan Tari Gandai, siswi MAN 1 Mukomuko ikuti latihan rutin. Latihan Tari Gandai didampingi oleh guru pembina Ibu Gusvita Rahayu, S. Pd. Jumat (21/09).

Tari Gandai yang akan ditampilkan oleh siswi MAN 1 Mukomuko dalam acara pertunjukan kreasi seni pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional merupakan tari tradisional khas Kabupaten Mukomuko.

Sebagaimana jadwal yang telah dikeluarkan oleh panitia KSM tingkat nasional, siswi MAN 1 Mukomuko akan menampilkan pertunjukan Tari Gandai Rabu, (26/09) pekan depan. Adapun tempat pelaksanaan pertunjukan Tari Gandai akan dilaksanakan di Panggung Utama Asrama Haji Bengkulu.

Kepala MAN 1 Mukomuko Ibu Nursyamsiah, M. Pd mengatakan bahwa "MAN 1 Mukomuko memilih tari gandai sebagai seni tari yang akan ditampilkan pada ajang pertunjukan seni yang bertempat di Asrama Haji Bengkulu memiliki beberapa tujuan dan harapan."

"Tujuannya adalah agar peserta KSM dan tamu undangan se-Indonesia mengenal bahwa Provinsi Bengkulu khususnya Kabupaten Mukomuko memiliki tarian tradisional yang sangat indah dan penuh makna. Selain itu, saya juga berharap bahwa kita semua masyarakat Bengkulu pada umumnya dan masyarakat Mukomuko pada khususnya dapat mencintai dan melestarikan seni dan budaya yang menjadi ciri khas daerah kita.  Jika bukan kita yang mencintai dan meletarikan sini dan budaya yang kita miliki siapa lagi?" ujar Ibu Nursyamsiah.

Dengan latihan yang dilakukan dalam beberapa pekan ini, MAN 1 Mukomuko sangat optimis bisa mempersembahkan tarian gandai yang dapat membuat tamu yang berasal dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia untuk selalu mengenang Provinsi Bengkulu dan akan menjadi cerita indah untuk keluarganya saat kembali ke provinsi masing-masing. *(J88)

Bagikan :