Kaderisasi Calon Pendakwah Syiar Islam, MTsN 1 Lebong Laksanakan Muhadharah Rutin

Kaderisasi Calon Pendakwah Syiar Islam, MTsN 1 Lebong Laksanakan Muhadharah Rutin

Lebong (Inmas), Muhadharah merupakan salah satu sarana latihan berpidato menyampaikan pesan dakwah Islami yang dilakukan oleh siwa di hadapan umum dengan gaya bahasa dan tutur kata yang menarik sehingga mampu memberikan ketertarikan audien untuk mendengarkannya

Sejalan dengan hal tersebut Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Lebong- Fahmi Rozi beserta Dewan Guru, Staf Tata Usaha dan seluruh Siswa laksanakan program Muhadharah rutin setiap Jumát di lapangan Madrasah pada Jumát, 7 September 2018 pukul 08.00 WIB.

Kepala MTsN 1 Lebong melalui Guru Pembina Keagamaan-Ronal Yunarlis mengatakan bahwa program Muhadharah ini sudah diterapkan sejak lama dan menjadi rutinitas setiap Jumát pagi dengan menjadwalkan siswa perwakilan tiap kelas secara bergantian.

"Rangkaian kegiatan ini terdiri dari Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, saritilawah, Ceramah Agama, Penampilan seni nuansa Islami (Hadroh, nasyid, Qasidah), pengarahan/evaluasi  dari guru, dan ditutup dengan Doá,” rinci Ronal.

“Melalui kegiatan Muhadharah ini diharapkan siswa dapat terlatih berbicara di depan orang banyak (guru dan siswa lainnya) layaknya seorang Da’I yang sedang berdakwah menyampaikan pesan-pesan Islam, sehingga kelak menjadi bekal mereka sebagai Kader Dakwah yang siap terjun  di tengah masyarakat, namun dalam kegiatan ini mereka tetap dibimbing oleh guru dengan mengevaluasi apa yang telah disampaikan oleh siswa berkenaan dengan tehnik dakwahnya, mimik muka, penekanan kalimat dan yang tak kalah penting materi dakwahnya,” sambung Ronal.

Ditempat yang sama Kepala MTsN 1 Lebong- Fahmi Rozi mengatakan rangkaian rutinitas kegiatan setiap Jum’at pagi ini sebagai upaya madrasah menanamkan nilai-nilai ajaran Islam pada siswa agar ketika tiba saatnya nanti mereka mengabdikan diri terjun di tengah masyarakat. (Malvinas RNBS)

Bagikan :