Siswa MIN 2 BS Sikat Gigi Massal

Siswa MIN 2 BS Sikat Gigi Massal

Bengkulu Selatan (Inmas), Ada suasana berbeda di MIN 2  Bengkulu Selatan, Jum’at pagi (14/9), siswa/i kelas V dan VI menggelar sikat gigi masal.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran sejak dini kepada siswa dalam berperilaku hidup bersih dan sehat dalam merawat dan menjaga kebersihan gigi. Langsung memberikan pengetahuan kepada siswa/I MIN 2 petugas kesehatan dari  Puskemas M.Thaha.

Berbekal sikat, pasta gigi dan segelas air, sekitar 100 orang, siswa kelas V dan VI MIN 2 Bengkulu berbaris di lapangan sekolah.  Siswa/i terlihat sangat antusias melakukan kegiatan tersebut. Walaupun hujan sempat mengguyur di jalan Raja khalifah tapi tidak mengurangi semangat siswa/i untuk melakukan kegiatan tersebut.

Bukan hanya itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk menghindari anak dari kerusakan gigi atau karies yang dapat merusak struktur gigi. Sebelum menyikat gigi, para siswa mendapat arahan oleh Drg. Nita E Sunarni dari puskesmas M.Thaha.

Sekitar 15 menit mereka menyimak arahan dari Drg. Nita E Sunarni. Ada tujuh langkah untuk membersihkan gigi yang baik dan benar. Bersihkan gigi bagian atas depan, belakang dan gigi pengunyah kiri kanan diteruskan bagian bawah depan, belakang dan gigi pengunyah kiri kanan. Langkah lainnya yaitu membersihkan lidah agar terhindar dari bau mulut.

"Anak seusia mereka rentan mengalami kerusakan gigi, bolong giginya hingga sakit. Semoga dengan dibiasakan sejak dini mereka akan terhindar dari penyakit gigi," ujar Drg.Nita E Sunarni.

Salah satu siswa, Uliya senang dengan kegiatan tersebut. "Saya sangat senang mengikuti sikat gigi masal ini, selain bisa gosok gigi bersama teman dan mendapatkan edukasi (pengetahuan)  tentang cara menggosok gigi yang baik dan benar," katanya.

Kepala MIN 2 Bengkulu Selatan Zannatun Na’imah dalam kesempatan ini menyampaikan ucapkan terima kasih kepada pihak Puskesmas M.Thaha,  Drg. Nita E Suarni yang telah memberikan pengetahuan tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar kepada siswa/i MIN 2 Bengkulu Selatan.

Beliau berharap semoga dengan bertambahnya edukasi ini dapat meningkatkan kesadaran sejak dini kepada siswa/i MIN 2 Bengkulu Selatan dalam berperilaku hidup bersih dan sehat dalam merawat dan menjaga kebersihan gigi. (Mona)

Bagikan :