Kepala KUA Kerkap Berikan Pembinaan Kerukunan Keagamaan

Kepala KUA Kerkap Berikan Pembinaan Kerukunan Keagamaan

Bengkulu (Inmas) - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kerkap, Razikin Fajri, S.Ag memberikan pembinaan keagamaan dalam kegiatan Pemberdayaan Kerukunan Umat Beragama di Desa Jogja Baru Kecamatan Kerkap, Rabu (29/8).

Pembinaan keagamaan yang dilaksanakan di Balai Desa Jogja Baru tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Jogja Baru bersama tokoh agama serta masyarakat Desa Jogja Baru.

Dalam pemaparan materinya, Razikin menjelaskan bahwa kerukunan beragama merupakan pondasi penting dalam menciptakan suatu keharmonisan antar lapisan masyarakat yang berbeda-beda, dan juga untuk menciptakan semangat kebersamaan dalam hal mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa itu sendiri.

Lebih lanjut Razikin mengatakan, kerukunan umat beragama adalah hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai dalam kesetaraan pengamalan ajaran agamanya dan kerja sama dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. Dalam hal ini, seharusnya umat beragama dan pemerintah harus melakukan upaya bersama dalam memelihara kerukunan umat beragama di bidang pelayanan, pengaturan dan pemberdayaan.

"Kerukunan antar umat beragama itu dapat diwujudkan dengan cara saling tenggang rasa, saling menghargai, toleransi antar umat beragama, tidak memaksakan seseorang untuk memeluk agama tertentu, melaksanakan ibadah sesuai agamanya, dan mematuhi peraturan keagamaan baik dalam agamanya maupun peraturan negara atau pemerintah" papar Razikin.

"Dengan demikian, akan dapat tercipta keamanan dan ketertiban antar umat beragama, ketenteraman dan kenyamanan di lingkungan masyarakat berbangsa dan bernegara" lanjutnya.

Secara garis besar, kerukunan merupakan kebutuhan bersama yang tidak dapat dihindarkan di tengah perbedaan. "Perbedaan yang ada bukan merupakan penghalang untuk hidup rukun dan berdampingan dalam bingkai persaudaraan dan persatuan" pungkasnya. (rf)

Bagikan :