Ikuti Jambore Ranting, Regu Penggalang Gudep MTsN 2 Mukomuko Boyong 5 Piala

Ikuti Jambore Ranting, Regu Penggalang Gudep MTsN 2 Mukomuko Boyong 5 Piala

 Mukomuko (Inmas), MTsN 2 Mukomuko kembali mengirimkan siswa-siswinya untuk mengikuti kegiatan Perkemahan Jambore Ranting ke 3 yang diadakan oleh Kwartir Ranting (KWARAN) Kecamatan Penarik. Agenda yang rutin digelar setiap 2 tahun sekali itu diikuti oleh seluruh Gugus Depan (Gudep) se Kecamatan Penarik yang terdiri dari tingkat Siaga (SD/MI), Penggalang (SMP/MTs), dan Penegak (SMA/MA).

 “Tahun ini kita mengirimkan 21 siswa yang dinilai cakap untuk mengikuti kegiatan jambore ini. Terdiri dari 10 perempuan dan 11 laki-laki, “ kata Ade Putra, pembina pramuka Gudep MTsN 2 Mukomuko. Selama 3 hari 2 malam seluruh peserta diharuskan mengikuti rangkaian kegiatan yang sudah di susun oleh panitia. Adapun kegiatan tersebut di antaranya lomba navigasi darat, semaphore, Pionering, Mengaji, Tata Upacara, dan LKBB Dasar.

 Pada kegiatan tersebut regu pramuka dari MTsN 2 Mukomuko harus bersaing dengan 35 regu lainnya di tingkat penggalang. Tidak ingin pulang dengan hampa, para siswa berlatih keras meskipun waktunya sudah mendekati pelaksanaan. Alhasil, berkat usaha dan kerja sama yang baik regu utusan gudep MTsN 2 Mukomuko pulang dengan memboyong 5 piala. Piala tersebut berhasil dikumpulkan di antaranya dari cabang lomba pioneering (juara1), lomba navigasi darat (juara 1), lomba semaphore (juara 2), lomba morse (juara 2), dan lomba qiroah (juara 3).

 Saat diwawancarai, Karina Ulfa, salah satu peserta Jambran menceritakan pengalamannya mengikuti kegiatan itu bersama 20 teman lainnya. “Meskipun sempat diguyur hujan dan pemasangan tenda yang cukup menyita waktu namun kami cukup senang dan bisa mendapat pengalaman yang baru,” ujar Karina, Selasa (14/8).

 Harapannya prestasi-prestasi di bidang kepramukaan bisa lebih ditingkatkan kembali dengan cara mengimbau kepada siswa untuk lebih rajin lagi mengikuti extrakurikuler pramuka mengingat banyak manfaat yang bisa didapatkan siswa dari kegiatan kepramukaan.(Muhtohar). 

Bagikan :