H.Sipuan: Memahami Ajaran Agama Kunci Kerukunan Umat Beragama

H.Sipuan: Memahami Ajaran Agama Kunci Kerukunan Umat Beragama

Bengkulu Tengah (Inmas)- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah H. Sipuan, S.Ag.,MM mengajak kepada semua penganut agama yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah untuk selalu berkomitmen memahami dan mengamalkan ajaran agama yang diyakini kebenarannya sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan bagi masing-masing penganut agama secara sempurna.

    Demikianalah hal tersebut disampaikannya pada saat menghadiri acara pengukuhan pengurus dan anggota Forum Kerukunan Ummar Beragama (FKUB) Kabupaten Bengkulu Tengah di Aula Maroba desa Ujung Karang, Kamis, 09 Agustus 2018.

    H.Sipuan menambahkan bahwa dengan berusaha mempelajari, memahami dan mengamalkan ajaran agama yang diyakini dengan tanpa adanya intervensi merupakan kunci kerukunan umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga keharmonisan dan kebersamaan dalam perbedaan dapat terjaga dalam kerangka Negara Kesatuan Repuplik Indonesia (NKRI) yang kita cintai ini.

    “Mari kita pahami dan amalkan ajaran agama secara sempurna, karena pada hakikatnya agama tidak pernah mengajarkan ummatnya untuk berkonflik, melakukan kekerasan, apalagi sampai menebar teror dan rasa takut” ungkap Sipuan

    Lebih lanjut ia memaparkan, semua agama pada dasarnya menganjurkan pemeluknya membangun perdamaian. Perbedaan antarmanusia dan kelompok merupakan hukum alam yang mutlak adanya. ”Agama sejatinya tidak pernah mengajarkan kekerasan, dan tidak pernah membenarkan kekerasan. Kalaulah ada ajaran kekerasan yang dianggap dari agama, pastilah itu tafsir yang keliru,” katanya.

    Ada beberapa cara meredam munculnya konflik dalam antaragama. Salah satunya adalah kesadaran bahwa setiap agama bertujuan menciptakan hidup yang damai, dan ini merupakan tanggung jawab kita bersama bukan hanya FKUB. Tutup Sipuan(Bobi)


Bagikan :