Kasubbag TU Kemenag Lebong Sampaikan Materi Kebijakan Pembangunan Bidang Agama

Kasubbag TU Kemenag Lebong Sampaikan Materi Kebijakan Pembangunan Bidang Agama

Lebong (Inmas), Kasubbbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Olik Nurholik sampaikan materi Kebijakan Pembangunan Bidang Agama dalam kegiatan Diklat Teknis Substantif pendekatan Saintifik angkatan V dan diklat Teknis Substantif Quantum Teaching dan Learning angkatan IV yang di gelar Balai Diklat Keagamaan Palembang pada Selasa (24/07).

Dalam materinya dikatakan Olik bahwa agama mempunyai kedudukan dan peranan yang sangat penting dan strategis utamanya sebagai landasan spiritual, moral dan etika dalam hidup dan kehidupan umat manusia.

“Agama sebagai sistem nilai seharusnya dipahami dihayati dan diamalkan oleh seluruh pemeluknya dalam tatanan kehidupan setiap individu, keluarga dan masyarakat serta menjiwai kehidupan berbangsa dan bernegara, Hal ini sesuai dengan pasal UUD 1945 tentang agama pasal 28 Amandemen II serta pasal 29 ayat 1 dan 2,” kata Olik.

Selain itu Olik juga mengatakan fungsi agama dimana agama sebagai perekat sosial, sebagai sumber nilai dan etika, sebagai arti kehidupan, sebagai pendorong perubahan spsial masyarkat dan sebagai pemberi pendukung pisikologis.

“Sedangkan pembangunan bidang agama sesuai dengan kebijakan pembangunan nasional adalah untuk menciptakan manusia berahlak berbudi pekerti luhur dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” jelas Olik

Bukan hanya itu Olik juga mengatakan tugas pemerintah dalam bidang pembangunan agama dalam hal ini kementerian Agama adalah memfasilitasi kepentingan beragama tersebut sesuai tupoksi badan pemerintahan lainnya karena pembangunan agama adalah pembangunan masyarakat itu sendiri. (bibin)

Bagikan :