Ka.Kanwil Terus Motivasi Peserta KSM Utusan Bengkulu

Ka.Kanwil Terus Motivasi Peserta KSM Utusan Bengkulu

Bengkulu (Inmas)- Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu, Drs.H.Bustasar terus memberikan motivasi peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional Utusan Provinsi Bengkulu.

    "Yakinlah dengan bersungguh-sungguh dan memohon kepada Allah SWT siswa madrasah Bengkulu akan mampu bersaing dan meraih juara dalam KSM 2018, katanya saat memantau pelaksanaan Tryout pra KSM di MAN 2 Kota Bengkulu, belum lama ini.

    Dalam kesempatan itu, Ka.Kanwil yang juga didampingi Kepala Kemenag Kota Bengkulu, Dr. H. Mukhlisuddin, MA dan Kabid Pendidikan Madrasah, Dr.H.Junni, MA meninjau lokasi dan memberikan semangat kepada peserta KSM dari Madrasah-Madrasah di Kota Bengkulu.

    Menurut dia, walaupun berbeda tempat Try Out dilakukan seretak secara online dengan menggunakan aplikasi KSM khusus Provinsi Bengkulu dan diikuti oleh 65 peserta KSM dari Kemenag Kabupaten/Kota.

    "Saya yakin dengan persiapan yang matang, Peserta KSM dari Provinsi Bengkulu akan mampu menyumbangkan prestasi dalam ajang KSM 2018," katanya optimis.

    Sebagai tuan rumah KSM 2018, Bustasar mengaku telah melakukan berbagai persiapan, mulai kesiapan peserta lomba dan juga sarana dan prasarana KSM 2018.     

    "Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini KSM menggunakan sistem komputer langsung atau dikenal dengan Computer Based Test (CBT) sehingga ketersediaan jaringan internet dan perangkat komputer menjadi sangat penting," tambahnya.

    Hal lainnya yang juga sangat penting adalah tempat-tempat pelaksanaan lomba serta ketersediaan hotel atau penginapan yang akan menampung ribuan peserta KSM dari 34 Provinsi di Indonesia.

    KSM Tahun 2018 memperlombakan 11 cabang mata pelajaran yaitu tingkat MI (Sains Terintegrasi dan Matematika Terintegrasi), tingkat MTs (IPA Terpadu terintegrasi, Matematika terpadu terintegrasi dan IPS terpadu terintegrasi).

    Kemudian untuk tingkat MA, mata pelajaran yang diperlombankan yaitu fisika terintegrasi, biologi terintegrasi, matematika terintegrasi, Kimia terintegrasi, ekonomi terintegrasi dan Geografi terintegrasi.

    KSM tingkat Nasional yang digelar di Kota Bengkulu dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 24 sampai 28 September 2018 yang tersebar di 6 lokasi yaitu Gedung Gunung Bungkuk eks STQN, MAN 1 Model Kota Bengkulu, MAN 2 Kota Bengkulu, MTsN 1 Kota Bengkulu, Asrama Haji Bengkulu dan Hotel Raffles Bengkulu.(jaja)

Bagikan :